Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Penata Anestesi dan Asisten Penata Anestesi RSU Haji Surabaya

04-06-2020 - Rumah Sakit Umum Daerah Haji Provinsi Jawa Timur — Pemerintah Provinsi Jawa Timur

Pada Tanggal 03 Juni 2020 telah dilakukan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Penata Anestesi dan Asisten Penata Anestesi RSU Haji Surabaya. Diikuti oleh 9 penata anestesi baik penata anestesi tingkat mahir, penata anestesi tingkat terampil, penata anestesi penyelia, penata anestesi ahli muda, penata anestesi ahli pertama. Penata anestesi merupakan sebuah pendidikan profesi yang sangat dibutuhkan di dunia kesehatan khususnya dalam bidang kedokteran. Dengan adanya tenaga profesional penata anestesi, maka akan semakin memperkuat kualitas SDM Kesehatan yang dmiliki oleh RSU Haji Surabaya terutama dalam tindakan anestesi didalam tindakan operasi di RS Haji Surabaya.

Pelayanan Kesehatan khususnya Anestesi  di Indonesia dimulai dari adanya tindakan Operasi di Rumah Sakit,pelaksanaan anestesi  dilaksanakan  oleh Juru Rawat atau Mantri Verpleiger  yang diberikan pelatihan secara individual oleh ahli bedah tanpa sertifikat apalagi ijazah. Dalam pekerjaannya sehari-hari  mereka dibawah pengawasan dari Dokter Operator. 

Ikatan Penata Anestesi Indonesia (IPAI)  bertujuan mengembangkan Anestesi Indonesia sesuai standar International, sehingga dapat berperan dalam meningkatkan derajat kesehatan seluruh masyarakat Indonesia  yang sehat, mandiri dan berkeadilan, mudah di akses serta professional. “Profesi Penata Anestesi menuju masyarakat yang sehat, mandiri dan berkeadilan” dengan Visi "Menjadi Organisasi Profesi Penata Anestesi yang Mandiri dan Profesional" dan misinya adalah sebagai berikut :

  1. Memberikan pelayanan keperawatan anestesi dan gawat darurat kepada masyarakat secara profesional
  2. Meningkatkan kualitas SDM Penata Anestesi melalui program Pendidikan dan Latihan secara berkesinambungan
  3. Mengadakan penelitian keperawatan anestesi sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan.
  4. Meningkatkan asas kemitraan dengan profesi terkait
  5. Melakukan uji kompetensi para anggota secara periodik
  6. Meningkatkan kesejahteraan para anggota
  7. Berpartisipasi aktif dalam Forum Internasional

Semoga para penata anestesi dan asisten anestesi yang telah diambil sumpah dan dilantik kedepannya mampu mengemban tugas dan menjalankan amanah yang diemban dengan baik untuk RS Haji Surabaya.

Bagikan berita melalui