Penyerahan DIPA 2018

12-07-2018 - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tipe A1 Madiun — Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur
Agenda awal acara  tersebut kepala KPPN Madiun,Lydia K.Christyana membuka acara dengan sambutan. Dalam sambutannya Lydia K.Christyana mengatakan ,’’Acara penyerahan DIPA tahun 2018 yang diselenggarakan pada hari ini merupakan agenda tahunan serta merupakan tindak lanjut dari tingkat Kementerian/Lembaga yang telah dilakukan oleh Presiden pada tanggal 6 Desember 2017 di istana Bogor.
‘’Penyerahan DIPA 2018 lingkup kerja KPPN Madiun meliputi Kota Madiun Kabupaten Madiun Kabupaten Ngawi Kabupaten Ponorogo,Dan Kabupaten Magetan dilaksanakan sama tanggalnya seperti penyerahan DIPA tahun yang lalu.’’katanya.


Berkaitan dengan DIPA TA 2018 Yang diserahkan pada Hari ini oleh Ibu Lydia mengatakan, ’’Jumlah  keseluruhannya ada sebanyak 157 DIPA satuan kerja dengan total Pagu sebesar Rp 2,58 Triliun atau ada kenaikan sekitar 7?ri total pagu tahun 2017 sebesar Rp 2,41 Triliun,’’katanya.
Mengenai alokasi APBN secara keseluruhan  di lingkup kerja KPPN Madiun dari DIPA K/L dan TKD (Transfer Ke Daerah dan Dana Desa) sejumlah sekitar 3,69 T dengan cakupan alokasi DIPA K/L 2,58 T dan TKDD (Tranfer ke daerah dan Dana Desa)  sekitar 1,11 T,Dengan dana stimulus dari pusat yang begitu besar diharapkan untuk tahun 2018 adanya perbaikan di sector perekonomian daerah, penurunan pengangguran dan angka kemiskinan berkurang.terangnya. Ditambahkan untuk memperbaiki kuantitas dan kualitas penyerapan belanja Kementerian/lembaga Tahun 2018, mengingatkan kepada seluruh pimpinana satuan kerja dan Kuasa Penguna  Anggaran untuk melakukan langkah-langkah strategis pelaksanaan anggaran Tahun 2018 antara lain:
  1. Percepatan penetapan pejabat perbendaharaan, yakni KPA, PPK, PPSPM, dan Bendahara
  2. Percepatan penyusunan time frame of budget execution atau kalender kegiatan setiap satker
  3. Percepatan proses pelelangan/pengadaan barang/jasa khususnya yang berasal dari belanja barang dan modal
  4. Pengajuan Uang Persediaan dan Tambahan Uang Persediaan sesuai dengan perkiraan kebutuhan riil
  5. Penyiapan/pemutakhiran kapasitas SDM pengelola keuangan untuk merespons berbagai perkembangan IT dalam pengelolaan keuangan dan perubahan peraturan dalam mekanisme pencairan SPBN yang dinamis.

Setelah Laporan Kepala KPPN Madiun dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas tahun 2018 dan penyerahan DIPA Petikan secara simbolis kepada satuan kerja berdasarkan wilayah kerja yang  diserahkan langsung oleh Kepala Daerah/Bupati/Walikota atau yang mewakili  dan kepada Bupati Madiun Bpk Mukhtarom  selaku tuan rumah berlansungnya acara diminta untuk memberikan kata sambutan.
PENYERAHAN PENGHARGAAN KEPADA SATKER BERKINERJA TERBAIK
Di penghujung rangkaian acara tersebut KPPN Madiun memberikan penghargaan kepada MAN Tempur Sari, Kantor Imigrasi Madiun, Lapas Madiun, Pengadilan Negeri Magetan dan pengadilan Negeri Magetan. Usai penyerahan penghargaan terkait DIPA, acara kemudian ditutup dengan ramah tamah.
 
Bagikan berita melalui