Peringatan Hari Lahir Pancasila

02-06-2020 - Rumah Sakit Umum Daerah Haji Provinsi Jawa Timur — Pemerintah Provinsi Jawa Timur

Tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila. Tema  peringatan hari pancasila tahun 2020 ini adalah Pancasila Dalam Tindakan. Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju. Peringatan hari lahir Pancasila tahun ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena Indonesia berada di tengah wabah pandemi Covid-19. Upacara peringatan juga dilakukan dengan cara virtual. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat untuk selalu bersatu, saling peduli, dan selalu berbagi untuk kemajuan negeri tercinta ini, terutama di tengah pandemi virus Corona saat ini.

Situasi yang memerlukan daya juang kita sebagai bangsa, yang memerlukan kerja keras agar kita mampu melewati masa sulit itu. Kita tidak sendirian, 215 negara di dunia berada dalam kondisi seperti kita, semua dalam kesulitan. Tidak hanya Indonesia, namun pandemi ini mengubah semua perilaku dan kebiasaan warga dunia untuk lebih bisa berperilaku bersih dan sehat dengan  senantiasa melaksanakan protokol kesehatan dengan rajin cuci tangan, memakai masker, menjaga jarak fisik, dan selalu menjaga imunitas tubuh.

Namun demikian, Presiden Jokowi optimistis Indonesia bisa menjadi pemenang, baik dalam pengendalian virus maupun menjadi pemenang dalam pemulihan ekonominya. Untuk itu, Indonesia tidak boleh berhenti berkreasi, berinovasi dan berprestasi.

Presiden juga mengajak seluruh masyarakat untuk terus memperkokoh persatuan dan saling bergotong-royong serta saling bantu membantu terhadap sesama. Sudah saatnya Indonesia menunjukkan diri sebagai bangsa yang kuat yang dapat memanfaatkan kesulitan menjadi sebuah lompatan kemajuan.

Bagikan berita melalui