BERPACU DENGAN COVID-19, KELOMPOK TANI "MEKAR SARI" DESA WONOSARI KECAMATAN BONANG TETAP SEMANGAT LANJUT MT II

02-06-2020 - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak — Pemerintah Kab. Demak

Musim Kemarau yang berkepanjangan di MT I yang lalu sempat membuat galau Kelompok Tani "Mekar Sari" Desa Wonosari Kecamatan Bonang, namun Alhamdulillah sudah bisa dilalui dengan penuh perjuangan dan panen pun telah usai. Tidak berselang lama sebagian besar Kelompok Tani "Mekar Sari" Desa Wonosari Kecamatan Bonang sudah memulai MT II, mereka pun bergerak cepat mulai dari olah tanah, membuat persemaian dan kemudian lanjut dengan tanam di hamparan lahannya, hal tersebut dikarenakan guna mengejar ketersediaan air. Menurut keterangan bapak Muchson, salah satu anggota Kelompok Tani Mekar Sari Desa Wonosari Kecamatan Bonang, beliau sudah mulai tanam minggu ke empat bulan April 2020 sekitar tanggal 26 April 2020 di lahannya seluas 7 Ha, sama halnya keterangan dari bapak Nur Sahid selaku ketua Kelompok Tani Mekar Sari Desa Wonosari Kecamatan Bonang bahwa sebagian besar anggota kelompoknya telah melakukan tanam pada tanggal tersebut.

Untuk MT II ini bapak Muchson menggunakan varietas padi Inpari 32 setelah pada MT I yang lalu menggunakan varietas Ciherang untuk menerapkan gilir varietas mengantisipasi serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) sebagaimana yang dianjurkan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan Pengamat Hama Penyakit (PHP). Usia padi nya sekarang sudah lebih dari 1 bulan, pemupukan susulanpun sudah dilakukan untuk senantiasa mensuplai kebutuhan nutrisi selama tanaman tumbuh dan berkembang. Pupuk yang digunakan Urea, ZA, Ponska dengan prinsip pemupukan berimbang.

Semoga dengan pengolahan tanah yang baik, pemilihan bibit unggul, pengairan yang baik, pemupukan yang tepat dapat menghasilkan produksi yang melimpah, tidak ketinggalan pula pengamatan OPT nya perlu dikawal untuk antisipasi penanganan serangannya sedini mungkin.
Tetap Semangat Pejuang Pangan (Rin Chaizatur Rozanah, AMd./PPL Bonang

Bagikan berita melalui