Kembali, Barantan Lantik Pejabat Fungsional Secara Online

03-05-2020 - Badan Karantina Pertanian — Kementerian Pertanian Republik Indonesia

Jakarta -- Untuk kedua kalinya, plt. Sekretaris Badan Karantina Pertanian, Adnan melantik dan mengambil sumpah pejabat fungsional Karantina Pertanian secara daring atau online dari ruang Agricuture Online Room (AOR), Rabu (22/4).

Sebanyak 17 pejabat fungsional  Medik Veteriner, POPT dan Paramedik Veteriner masing-masing dari Karantina Pertanian Tanjung Balai Asahan, Samarinda, Entikong, Sumbawa Besar dan Ende telah dilantik dan mengucapkan sumpah jabatannya.

"Saya mengucapkan selamat kepada Saudara.  Mari kita unjuk kerja sebagai ASN yang memiliki integritas, kompetensi dan mampu mengemban tugas dengan profesional," kata Adnan.

Kepala Bagian Umum Barantan, Wisnu Haryana yang turut hadir dan menyaksikan juga menyebutkan bahwa tata cara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini telah sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Menurutnya, dalam Surat Edaran (SE) Nomor 10/SE/IV/2020 tentang Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji PNS atau Sumpah/Janji Jabatan melalui Media Elektronik/ Teleconference pada Masa Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona. Surat edaran inipun ditandatangani secara elektronik oleh pimpinan BKN, tambah Wisnu.

Kebutuhan Mendesak

Sebagaimana arahan pemerintah melalui Menteri Pertanian (Syahrul Yasin Limpo, red) dalam kondisi PSBB, layanan publik perkarantinaan tetap berjalan dengan pengetatan pengawasan terhadap kesehatan dan keselamatan kerja.

Untuk itu, menurut Adnan selanjutnya Barantan akan terus menyelenggarakan pelantikan secara online dengan tetap mematuhi protokol kewaspadaan pencegahan penyebaran Covid-19 antara lain dengan adanya pembatasan sosial berskala besar, PSBB dan physical distancing serta mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi di era 4.0.

"Dengan cara ini maka jumlah petugas yang sangat dibutuhkan dapat segera terpenuhi sehingga tupoksi Barantan berjalan dengan lebih optimal," pungkas Adnan.

Narasumber :
1. Dr. AM Adnan - plt. Sekretaris Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian

2. Ir. Wisnu Haryana - Kepala Bagian Umum, Sekretaris Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian

Bagikan berita melalui