RAPAT KOORDINASI NASIONAL INVESTASI 2020

24-02-2020 - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu — Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Kadis PMPTSP Prov Kalsel menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Investasi Tahun 2020 mendampingi bapak Sekretaris Daerah Provinsi pada hari Kamis 20 Februari 2020 di Jakarta. RAKORNAS ini dihadiri Gubernur, Bupati, Walikota beserta Sekda Provinsi dan Sekda Kab/Kota Seluruh Indonesia. Turut hadir dalam acara tersebut Kabid Pengendalian PM, Kabid Promosi PM, Kabid Perencanaan dan Pengembangan Iklim serta Kabid Perizinan Ekonomi dan SDA. Hasil Rapat Harmonisasi Kebijakan Pusat dan Daerah Bagi Pemerataan Investasi yang disampaikan oleh Kepala BKPM pada saat itu memuat point-point diantaranya :

  1. Keluhan dari DPMPTSP Provinsi/Kabupaten/Kota se-Indonesia bahwa DPMPTSP merasa seperti di-anaktirikan dimana dana APBN belum diberikan kepada DPMPTSP Kab/Kota namun hanya diberikan kepada DPMPTSP Provinsi dalam bentuk dana Dekonsentrasi, sehingga meminta kepada Presiden perhatian/ dukungan untuk pelaksanaan tugas dalam bentuk pemberian dana DAK dari APBN kepada Kab/Kota.
  2. Keluhan dari DPMPTSP Provinsi/Kab/Kota yg merasa diperlakukan seperti Dinas kelas III, padahal peran penting DPMPTSP Provinsi/Kab/Kota dalam merealisasikan investasi dari PMA/PMDN yang pada akhirnya meningkatkan pendapatan negara melalui pajak Badan Usaha.
  3. Perlunya mapping/pemetaan investasi prioritas di Provinsi/Kab/Kota yang akan ditawarkan oleh BKPM kepada investor asing.
  4. Perlunya PMA/PMDN untuk menggandeng Pengusaha Nasional di daerah dalam kerja sama pembangunan dan operasional Perusahaan yang ber-investasi di daerah yang dapat mengakomodir kepentingan investor dan juga kepentingan pengusaha daerah.
Bagikan berita melalui