PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN GIGI

26-04-2018 - Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad — Pemerintah Provinsi Riau
     Masih rendahnya kesadaran dan pemahaman masyarakat dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut menjadi salah satu alasan unit PKRS RSUD Arifin Achmad untuk menghadirkan narasumber dari KSM Gigi dan Mulut dalam penyuluhan kesehatan kepada pengunjung dan pasien di ruang tunggu instalasi rawat jalan. Penyuluhan yang diadakan pada Rabu (18/04/2018) ini menghadirkan narasumber drg. Burhanuddin Agung. MM.
     Lebih lanjut juga disarankan agar selalu rutin memeriksa dan menjaga kesehatan gigi, dan bukan baru memeriksakan giginya jika sudah sakit walaupun ada anggapan di masyarakat bahwa jika melakukan pengobatan atau perawatan kesehatan gigi cukup mahal. Berkaitan dengan hal tersebut kepala unit PKRS dr. Dewi Prabu. M.Kes juga  mengatakan bahwa selama ini sebagaian besar masyarakat hanya sebatas memiliki keinginan untuk memeriksakan kesehatan giginya namun yang betul-betul datang memeriksakan gigi masih sangat rendah. Diharapkan dengan sosialisasi tentang kesehatan gigi ini masyarakat akan lebih mengerti dan sadar akan pentingnya menjaga kesehatan gigi.

Untuk cara menjaga kesehatan gigi dan mulut yang benar adalah sebagai berikut:

  1. Gosoklah gigi sekurang-kurangnya dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Terutama saat setelah makan pagi dan sebelum tidur.

  2. Sekali dalam seminggu, berkumurlah dengan obat kumur. Hal Ini dapat membantu mencegah terjadinya plak dan karang gigi.

  3. Sikat gigi dengan baik dan benar, yaitu dengan menjangkau ke seluruh permukaan gigi dengan arah dari gusi ke gigi.

  4. Berhati-hati dalam menggunakan pemutih gigi.

  5. Pilih sikat gigi yang mempunyai bulu sikat lembut.

  6. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula seperti permen, atau makanan bertepung. Sisa-sisa makanan ini dapat melekat pada gigi.

  7. Konsumsi buah dan sayur yang dapat membersihkan gigi.

  8. Batasi anggur merah, kopi, dan teh.

  9. Berhenti merokok.

  10. Lakukan pemeriksaan ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali secara rutin.

Bagikan berita melalui