Roadshow Rencana Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik

17-05-2018 - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu — Pemerintah Kota Bogor
Untuk mematangkan konsep penyelenggaraan Mal Pelayan Publik di Kota Bogor, jajaran pejabat yang dipimpin oleh Kepala Dinas PMPTSP pada hari Kamis (17 Mei 2018) melakukan roadshow ke beberapa institusi vertikal yang melakukan pelayanan publik di Kota Bogor. Sebagaimana diketahui bahwa Mal Pelayanan Publik (MPP) merupakan program pemerintah yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 23 tahun 2017, yang berisi penggabungan layanan publik di daerah dalam satu tempat/lokasi untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat.`

 

Hari pertama Ramadhan tidak menyurutkan semangat Kepala Dinas PMPTSP untuk melakukan sosialisasi tahap awal MPP tersebut. Institusi pertama yang disambangi dalam roadshow tersebut adalah Kantor Polresta Kota Bogor, yang diterima langsung oleh Kapolres Bogor Kota Kombes Ulung Sampurna Jaya. Dalam dialog yang penuh kehangatan, kepolisian menyambut baik rencana MPP tersebut. "Ini ide baik, kami sangat apresiasi dan siap mendukung. Beberapa layanan di kepolisian seperti perpanjangan SIM, SKCK atau izin keramaian bisa bergabung dalam layanan MPP ini", tegas Kombes Ulung didampingi Kasat Operasi, Kasat Intel dan Kasat Lalu Lintas.

Institusi kedua yang disambangi pada hari tersebut adalah Kantor Imigrasi Bogor. Kantor yang melayani warga mengurus Paspor untuk wilayah Kota dan Kabupaten Bogor. Dalam kesempatan pertemuan, Kepala Kantor Imigrasi Suhendra menyatakan bahwa layanan harian pembuatan paspor rata-rata 350 pemohon. Langkah integrasi layanan dalam MPP sangat diapresiasi pihak kantor Imigrasi. "Rencana MPP ini sejalan dengan usaha kami yang ingin membuka cabang layanan paspor, sehingga akan lebih banyak warga yang terlayani", ujar Suhendra yang didampingi lengkap pejabat struktural Imigrasi. 
Institusi ketiga yang disambangi dalam roadshow DPMPTSP adalah kantor pertanahan/ATR Kota Bogor. Rombongan diterima langsung oleh Kepala Kantor Pertanahan/ATR Ibu Ery Juliani Pasoreh di ruang kerjanya. Dialog berjalan dengan penuh keakraban. Rencana MPP yang disampaikan Kepala DPMPTSP disambut baik oleh Ery. "Kami siap mendukung dan bergabung di MPP. Nanti kita bicarakan lebih dalam teknisnya", ujar Ery penuh semangat. 
Dalam setiap kesempatan dialog dengan pimpinan institusi vertikal, Kepala Dinas PMPTSP Kota Bogor menyampaikan bahwa roadshow adalah langkah awal untuk sosialisasi MPP. Selanjutnya akan ada pertemuan bersama dengan mengundang unsur KemenPANRB, mengidentifikasi kebutuhan layanan dan sarana prasarana, serta pola layanan. MPP Kota Bogor direncanakan akan di launching pada April 2019. "Proses perencanaan dari sekarang agar pelaksanaan MPP benar-benar berjalan dengan baik", jelas Denny. (RM)

Bagikan berita melalui