Bimbingan Teknis Penyelenggaraan PTSP Prima

08-05-2018 - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu — Pemerintah Kota Bogor
Yel yel PTSP prima, menggema saat dirjen Bina Administrasi Kewilayahan (BAK) Kemendagri menyampaikan salam PTSP kepada seluruh peserta Bimtek Penyelenggaraan PTSP Prima yang diadakan di Harmoni One Batam. Lebih dari 95 peserta dari berbagai PTSP daerah di Indonesia mengikuti acara yang digelar Kemendagri sejak Senin-Rabu (7-9 Mei 2018). 
Pelaksanaan Bimtek PTSP Prima merupakan salah satu wujud fokus Pemerintah pusat untuk melakukan pembinaan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh daerah. Selain itu, bimtek merupakan salah satu usaha untuk menindaklanjuti arahan Presiden untuk penggunaan sistem aplikasi layanan perizinan secara terintegrasi.
Dalam sambutannya, Eko Subowo selaku Dirjen BAK menyampaikan bahwa percepatan berusaha menjadi salah satu substansi yang terus dibahas dalam kabinet kerja Presiden. Harapannya agar investasi bisa masuk ke seluruh Indonesia dengan mudah. Saat ini Indonesia berada diurutan 70 tentang kemudahan berusaha (easy of doing buisness). 
Lebih lanjut, Dirjen BAK menyampaikan bahwa sudah 377 dari 548 Kota/Kabupaten yang memanfaatkan Teknologi Informasi dalam layanan perizinan dan non perizinan. "Jadi sekitar 68,79?erah sudah menggunakan elektronik. Tinggal mengevaluasi kualitas layanan perizinan di daerah, sambil membenahi yang belum mengakses TIK", tandasnya.
Dalam bimbingan teknis, dipaparkan tentang pelaksanaan Mal Pelayanan Publik, implementasi online single submission, dan aplikasi cerdas layanan perizinan terpadu untuk publik (SiCantik). Bimtek akan ditutup dengan field trip ke Mal Pelayanan Publik Kota Batam pada hari Rabu (9 Mei 2018). #RUM
Bagikan berita melalui