Kepala Dinas Dukcapil Pakpak Bharat Ikuti Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan

31-03-2022 - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pakpak Bharat — Pemerintah Kab. Pakpak Bharat

Dalam rangka penyelenggaraan pemilihan Legislatif dan Kepala Daerah dibutuhkan data daftar pemilih yang baik dan benar, sehingga dapat meminimalisir persoalan yang akan timbul akibat data pemilih yang tidak akurat, semisal orang atau penduduk yang sudah meninggal dunia tetapi masih ada datanya pada daftar pemilihan kepala desa, kepala daerah dan pemilihan legislatif. Hal ini dikarenakan tidak diurus atau tidak dimohonkan pencatatan peristiwa kematian ke dinas dukcapil.

Maka tutur Kadis Dukcapil Pakpak Bharat, Petrus Saragih, SE, MM pada rapat koordinasi tersebut, memohon dukungan dari pihak KPUD Kab. Pakpak Bharat dan pengurus partai politik yang hadir agar setiap penduduk yang telah meninggal dunia dibuatkan surat keterangan meninggal dunia baik dari Kepala Desa maupun Rumah Sakit dan diajukan permohonannya untuk diterbitkan Kutipan Akta Kematiannya, dengan demikian data kependudukan yang bersangkutan akan hilang dan tidak lagi terdaftar sebagai pemilih.Hal ini sangat membutuhkan kerjasama yang baik dalam  mensosialisasikannya kepada seluruh penduduk di kabupaten Pakpak Bharat demi terciptanya data yang baik dan akurat.

Disdukcapil Pakpak Bharat juga akan tetap berkoordinasi dengan KPUD Pakpak Bharat dalam hal data penerbita kutipan akta kematian, sebut Kadis Dukcapil Pakpak Bharat, Petrus Saragih, SE, MM


Bagikan berita melalui