PETUGAS DAN MASYARAKAT, BORONG PRODUK WARGA BINAAN LAPAS NARKOTIKA KARANG INTAN

29-03-2022 - Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Karang Intan — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI KALIMANTAN SELATAN

Karang Intan, INFO_PAS – Semarakkan rangkaian Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) Ke-58 tahun 2022, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, selenggarakan pameran produk warga binaan “One Day, One Prison’s Product” yang dilangsung di Saung Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) Lapas Narkotika Karang Intan, pada kegiatan tersebut, Petugas dan masyarakat langsung serbu produk-produk warga binaan, Selasa (29/3/22).

One Day, One Prison’s Product merupakan salah satu ajang pengenalan dan pemasaran serta penjualan produk hasil karya warga binaan kepada Petugas maupun kepada masyarakat. Adanya kegiatan ini, juga diharapkan dapat meningkatkan partisipasi langsung masyarakat, dengan memberikan tambahan pendapatan bagi warga binaan, dan perolehan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berasal dari penjualan produk-produk warga binaan.

Warga binaan Pemasyarakatan merupakan sumber daya manusia berpotensi yang mampu menghasilkan produk berkualitas, juga memiliki nilai ekonomi, daya guna, dan estetika. Kemampuan tersebut diperoleh warga binaan dari program pembinaan kemandirian yang diselenggarakan di Lapas Narkotika Karang Intan, sebagai persiapan bagi warga binaan, menjadi manusia yang mandiri dan tidak mengulangi perbuatannya setelah bebas nanti.

“Semua produk yang dipamerkan pada kesempatan ini, merupakan hasil pembinaan kemandirian yang selama ini dijalankan, warga binaan dilatih, dibimbing sehingga menghasilkan karya, baik berupa kain sasirangan, sayur-sayuran, telor hasil peternakan, hingga miniatur alat transportasi yang bisa dijadikan sebagai hiasan rumah,” jelas Kalapas Narkotika Karang Intan, Wahyu Susetyo.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Lapas Narkotika Karang Intan ini berharap dengan adanya kegiatan ini, semakin menumbuhkan perhatian terhadap hasil karya warga binaan, sehingga menjadikan mereka lebih semangat dalam menjalani pembinaan di Lapas Narkotika Karang Intan.

“Saya berharap bahwa kita dapat mencintai produk-produk warga binaan, turut memasarkan, kita juga membeli dan memanfaatkannya dalam keseharian. Harus semakin banyak masyarakat yang tahu, bahwa warga binaan kita, menghabiskan waktu di Lapas dengan berbagai hal produktif,” lanjutnya.

“Kegiatan bertajuk one day, one prison’s product ini, semakin memacu kreativitas, produktifitas dan karya yang dihasilkan warga binaan, bisa diterima oleh masyarakat, terlebih kualitas yang dihasilkan bersaing dengan yang ada di pasaran,” tutupnya.

Pada kesempatan tersebut, masyarakat yang saat itu sedang menggunakan layanan titipan makanan, tertarik untuk juga turut membeli produk yang dipamerkan, dan dirinya mengaku sangat terkesan dengan produk pembinaan kemandirian yang dihasilkan, terlebih transaksi pembayaran dapat dilakukan dengan scan barcode QRis, sehingga lebih memudahkan.

Bagi masyarakat yang ingin membeli produk warga binaan, dapat menghubungi petugas Seksi Kegiatan Kerja, Ilham (085251656080) dan Muhammad Riza (082152809687) atau datang langsung ke Lapas Narkotika Karang Intan pada saat jam kerja.

Redaksi – Arbiansyah

Foto – Muhammad Yoshfian Rahman

Editor – Lukman Hendru


Bagikan berita melalui