SELENGGARAKAN TALKSHOW ANTI KORUPSI KPPN TANJUNG PANDAN UNDANG KPK

11-02-2019 - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tipe A2 Tanjung Pandan — Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Bangka Belitung
Sebagai wujud dalam melanjutkan pembangunan Zona Integritas setelah meraih predikat WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dari Kementerian PAN-RB dan untuk meningkatkan kedekatan (intimacy) dengan pengguna layanan dan pemangku kepentingan lainnya agar upaya perbaikan yang telah dan akan dilanjutkan oleh KPPN Tanjung Pandan mendapat tanggapan positif serta sebagai upaya menjadikan KPPN Tanjung Pandan sebagai pusat pembelajaran bagi satuan kerja di pulau Belitung, pada hari Kamis, 31 Januari 2019 KPPN Tanjung Pandan menyelenggarakan acara ”Talkshow Anti Korupsi”. Acara tersebut merupakan rangkaian dari beberapa acara pada hari itu antara lain sosialisasi Kartu Kredit Pemerintah dan penandatanganan PKS dan MOU antara KPPN Tanjung Pandan dengan PT. Taspen (Persero) Cabang Pangkalpinang dan juga BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang. PKS dan MOU sendiri merupakan wujud penguatan kelembagaan untuk peningkatan pelayanan prima kepada satuan kerja mitra kerja KPPN Tanjung Pandan terkait program Taspen dan BPJS Kesehatan.
Talkshow terasa sangat spesial karena dihadiri oleh narasumber dengan skala nasional yaitu Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat, KPK Bapak Giri Suprapdiono.  Peserta yang hadir pada acara tersebut : para Kuasa Pengguna Anggaran, Kepala Kanwil DJPb Prov Bangka Belitung, Kepala BPKAD Belitung, Kepala Bakuda Belitung Timur, Kepala PT. Taspen (Persero) Cabang Pangkalpinang, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang, Pinca Bank Mandiri Cabang Tanjung Pandan, Pinca Bank BRI Cabang Tanjung Pandan, Perwakilan Dunia Usaha dan Perwakilan Dunia Pendidikan, sangat antusias mengikuti paparan materi dan video yang disampaikan oleh narasumber selama hampir 1,5 jam.

Bagian penting yang disampaikan oleh narasumber antara lain tentang memimpin diri mengalahkan korupsi karena korupsi terjadi bukan di tempat ramai, di Zona Integritas, di Zona WBK, tetapi terjadi dalam kesendirian kita, bahkan handphone dan ruangan kita. Tiga permasalahan di Indonesia adalah tentang krisis keteladanan, apresiasi atau penghargaan atas dasar bukan apa adanya tetapi sesuatu yang tampak, dan miskin tanggung jawab. Banyak peristiwa penting disampaikan oleh narasumber untuk menggugah audience bahwa perubahan harus dimulai dari diri kita sendiri dan hidup adalah untuk mencari kebahagiaan bukan kesenangan. Pada kesempatan tersebut narasumber juga menyampaikan pesan dari Soekarno, presiden pertama RI, ”Perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah, perjuanganmu lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri”.
Talkshow selanjutnya dilakukan secara on air di Radio Biliton Berehun 106,4 FM pada hari Jum;at, 1 Pebruari 2019. Disampaikan oleh narasumber dalam pemberantasan korupsi ada 3 (tiga) hal yang harus dilakukan yaitu pencegahan dengan tujuan membangun sistem atau membuat aturan sehingga orang tidak bisa berbuat korupsi; pendidikan dengan tujuan orang tidak ingin korupsi; dan penindakan/penangkapan/OTT dengan tujuan orang takut korupsi. Orang tidak ingin korupsi bukan sekedar takut tetapi korupsi akan membuat tidak nyaman, tidak bahagia, tidak dihargai orang lain. Inti dari Anti Korupsi adalah nilai-nilai kejujuran, bertanggung jawab, disiplin dan peduli. Pada kesempatan tersebut R.d. Yen Yen Nuryeni Kepala KPPN Tanjung Pandan yang mendampingi narasumber dari KPK mengajak kepada semua pihak untuk turut serta dalam pembangunan sesuai peran masing-masing dan menjadi generasi yang turun tangan bukan berpangku tangan untuk kemajuan di pulau Belitung.
 
Bagikan berita melalui