Implementasi Kerja Sama Dukcapil, Layanan Administrasi Kependudukan Makin Dirasakan Manfaatnya oleh Masyarakat

19-02-2025 - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil — Pemerintah Kab. Kuantan Singingi

Teluk Kuantan, 19 Pebruari 2025– Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) terus memperkuat kerja sama dengan berbagai instansi untuk meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan yang lebih cepat, mudah, dan transparan. Berkat implementasi kerja sama ini, masyarakat kini semakin merasakan manfaat nyata dari layanan yang diberikan.

Kepala Dinas Dukcapi Kuantan Singingi via WhatsApp  menjelaskan bahwa melalui sinergi dengan berbagai pihak, seperti rumah sakit puskesmas maupun klinik swasta yg tersebar di Kuantan Singingi layanan administrasi kependudukan dapat diakses dengan lebih efisien. "Masyarakat tidak perlu lagi repot datang ke kantor Dukcapil untuk mengurus dokumen kependudukan. Kini, layanan bisa diakses langsung di tempat-tempat yang telah bekerja sama dengan kami," ujarnya.

Salah satu contoh implementasi kerja sama yang dirasakan manfaatnya adalah penerbitan dokumen kependudukan bayi yang baru lahir langsung di Klinik UMMI MEDICAL CENTER di Kampung Baru Kecamatan Gunung Toar setelah kelahiran bayi. Orang tua  bisa langsung mendapatkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) si Buah Hati dan terdata di database kependudukan dan Kartu Keluarga  akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA) tanpa harus mengurusnya secara terpisah di Dukcapil.

Masyarakat pun mengapresiasi inovasi ini. Salah satu warga, orang tua si bayi yang baru lahir “SARDI” mengungkapkan bahwa layanan ini sangat membantu. "Dulu harus bolak-balik mengurus dokumen kependudukan, sekarang semuanya lebih mudah dan cepat," katanya.

Pimpinan Klinik “DEWI ROSALINA. S.ST” Dengan penuh rasa syukur dan apresiasi, kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atas kerja sama yang terjalin dengan klinik kami. Kolaborasi ini merupakan langkah penting dalam memberikan pelayanan yang lebih baik dan terpadu bagi masyarakat, khususnya dalam kemudahan akses administrasi kependudukan.

 

Melalui sinergi ini, kami berharap dapat terus meningkatkan mutu layanan kesehatan yang berbasis data kependudukan yang akurat dan terintegrasi. Semoga kerja sama ini dapat terus berlanjut dan kami juga ingin berkontribusi memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat, jelas Dewi

Dengan terus berkembangnya kerja sama lintas sektor, Kepala Dinas Dukcapil menegaskan komitmennya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. "Kami akan terus berinovasi dan memperluas kerja sama agar layanan Dukcapil semakin mudah diakses dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat," tutup Kepala Dinas Dukcapil.

Dengan adanya implementasi kerja sama ini, diharapkan seluruh lapisan masyarakat dapat menikmati layanan administrasi kependudukan yang lebih efektif dan efisien, sejalan dengan semangat pelayanan publik yang prima.

(YRZ:Dukcapil Kuansing)
Bagikan berita melalui