YASABIL - PELAYANAN KHUSUS DISABILITAS PENGADILAN AGAMA JEMBER

10-11-2021 - Pengadilan Agama Jember — PENGADILAN TINGGI AGAMA SURABAYA

Jaminan atas hak dan kesempatan dalam segala aspek kehidupan dan penghidupan bagi para penyandang disabilitas telah diatur dalam Pasal 5 Undang- Undang Nomor 4 Tahun 1997 tentang Penyandang Cacat, yaitu “Setiap penyandang disabilitas mempunyai hak dan kesempatan yang sama dalam segala aspek kehidupan dan penghidupan". Dalam Pasal 19 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas menjelaskan bahwa Penyandang disabilitas mempunyai hak pelayanan publik meliputi hak memperoleh akomodasi yang layak selama pelayanan publik secara optimal, wajar, bermatabat tanpa diskriminasi, pendampingan, penerjemahan, dan penyediaan fasilitas yang dapat diakses di tempat layanan publik tanpa biaya tambahan. Penyandang disabilitas mempunyai hak kesempatan yang sama dengan masyarakat lainnya.

Pengadilan Agama Jember telah berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang prima khususnya bagi penyandang disabilitas. Pelayanan bagi penyandang disabilitas terus ditingkatkan oleh Pengadilan Agama Jember, salah satunya dengan dengan penerapan Inovasi YASABIL (Layanan Khusus Disabilitas)

Inovasi Pengadilan Agama Jember untuk para pihak disabilitas tersebut meliputi fasilitas khusus seperti jalur disabilitas, ruang tunggu khusus disabilitas, toilet disabilitas, parkir khusus disabilitas, kursi roda, alat bantu jalan (krek), buku braille.

Selain menyediakan fasilitas khusus bagi penyandang disabilitas, Pengadilan Agama Jember juga memberikan pelayanan prima bagi penyandang disabilitas. Hal tersebut dapat dilihat pada hari Selasa, tanggal 2 November 2021 Pengadilan Agama Jember melayani salah satu pihak berperkara penyandang disabiltas. Penyandang disabilitas dilayani dari pintu kedatangan dengan dibantu dengan perlakuan khusus yaitu memberikan kursi roda dan diantarkan melalui jalur khusus disabilitas ke meja Pendaftaran Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) sampai ke Ruang Persidangan.

#PengadilanAgamaJember

#PAJemberSemakinHebat

#PAJemberModerndanInklusif

#PAJemberWBK

#PAJemberSiapWBBM

#PAJemberMenujuWBBM

#ZonaIntegritas


Bagikan berita melalui