Perluas Ekspor UMKM, Bea Cukai Banten Giatkan Klinik Ekspor

10-02-2025 - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Banten — Direktorat Jenderal Bea dan Cukai

Tangerang Selatan, 05 Februari 2025 – Kanwil Bea Cukai Banten kembali melakukan Klinik Ekspor dan memberikan asistensi terhadap UMKM berorientasi ekspor kepada PT. Followme Indonesia dalam upaya mendukung sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memperluas pasar internasional sekaligus melakukan asistensi persiapan Study Trip for a Delegation of the General Department of Customs and Excise (GDCE) Cambodia yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 12 Februari 2024.

Kegiatan Klinik Ekspor ini merupakan program rutin dari Kanwil Bea Cukai Banten yang bertujuan untuk memberikan edukasi, literasi, asistensi dan koordinasi kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang akan atau sudah melakukan ekspor. Sebelumnya PT. Followme Indonesia telah merambah pasar Jepang melalui business matching yang dipandu oleh Kanwil Bea Cukai Banten.

Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai kanwil DJBC Banten, Broto Setia Pribadi bersama Tim Klinik Ekspor melakukan asistensi secara langsung ke PT. Followme Indonesia untuk memberikan informasi mengenai peraturan dan ketentuan terkait ekspor serta memantau proses produksi dari bahan baku hingga menjadi barang jadi. 

"Melalui Program Klinik Ekspor dan Asistensi UMKM berorientasi ekspor ini, kami berharap UMKM dapat memaksimalkan potensi pasar internasional serta dapat lebih kompetitif di pasar global sehingga mampu merambah konsumen yang lebih luas." Ujar Broto Setia Pribadi. 

Program tersebut menjadi fokus Kanwil Bea Cukai Banten di tahun ini dan akan terus digiatkan agar dapat mengembangkan pemasaran produk UMKM hingga ke mancanegara. Kolaborasi yang terjalin antara Kanwil Bea Cukai Banten dengan PT. Followme Indonesia diharapkan mampu menjadi bentuk dukungan dan tanggung jawab terhadap perkembangan UMKM khususnya di wilayah Banten.

Kolaborasi ini diharapkan mampu menjadi bukti konkret dukungan terhadap produk local Indonesia mendapatkan tempat yang lebih strategis di pasar global, sehingga tak hanya berkembang di pasar domestik, tetapi juga mampu tembus dan bersaing di kancah internasional. UMKM Naik Kelas, Ekonomi Tancap Gas !

Bagikan berita melalui