Dorong Percepatan Realisasi Anggaran, Kakanwil : Lakukan Sesuai Aturan & Akuntabel

01-11-2021 - KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI JAWA TENGAH — Sekretariat Jenderal

SEMARANG- Tahun 2021 memasuki pertengahan triwulan terakhir. Bisa dibilang, tahun ini hanya menyisakan satu bulan efektif untuk melakukan penyerapan anggaran secara maksimal.

 

Hal ini mendapatkan perhatian serius Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah.

 

Guna mendorong optimalisasi realisasi anggaran di sisa waktu yang ada, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, A Yuspahruddin memberikan arahan kepada seluruh Unit Pelaksana Teknis se Jawa Tengah secara virtual dari ruang kerjanya, Senin (01/11).

 

Selain itu, kegiatan ini merupakan bagian dari evaluasi atas capaian penyerapan anggaran yang telah dilakukan masing-masing UPT.

 

Pembuka, Kakanwil menginstruksikan seluruh UPT untuk segera melakukan percepatan realisasi anggaran.

 

"Segeralah Bapak Ibu sekalian untuk menyelesaikan, menyerap anggaran yang ada," tegasnya memberikan arahan.

 

"Oleh karena itu, pada hari ini dimintakan kepada kita semua, kepada Bapak Ibu semua, supaya bisa mengatur strategi sedemikian rupa sehingga Bapak dan Ibu sekalian dapat menyelesaikan, menyerap anggaran, melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya," tambahnya memperjelas.

 

Di sisi lain, Yuspahruddin meminta agar proses penyerapan anggaran dan pengelolaan keuangan harus akuntabel.

 

"Menyerap anggaran itu bukan sembarangan menyerap. Karena terburu-buru akhirnya semuanya diambil tapi kegiatannya tidak dijalankan," ujarnya menghimbau

 

"Oleh karena itu kita menyerap anggaran dengan sebaik-baiknya tapi tidak ada yang salah. Semuanya harus sesuai aturan dan akuntabel," sambungnya lagi

 

Pada pertemuan ini, Kakanwil juga membahas mengenai proses Pembangunan Zona Integritas. Secara khusus, Yuspahruddin mengingatkan UPT yang telah memasuki tahapan evaluasi Tim Penilai Nasional untuk mempersiapkan diri.

 

"Saya juga berharap kita semua apalagi yang sudah ditunjuk oleh TPI untuk ikut dalam evaluasi Tim Penilai Nasional untuk segera mempersiapkan dirinya masing-masing. Walaupun pimpinan berganti tapi UPT nya harus tetap semangat untuk meraih WBK/WBBM" katanya mengingatkan.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan yang disampaikan Kepala Divisi Administrasi, Jusman yang hadir bersama Kepala Sub.Bagian Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Negara, Maria Titik Sumiyati.

 

Dalam presentasinya, Kadivmin banyak melakukan evaluasi atas capaian serapan anggaran yang telah dilakukan Kantor Wilayah dan UPT serta menjelaskan langkah-langkah yang harus diambil guna akselerasi pelaksanaan anggaran di sisa waktu yang ada.


Bagikan berita melalui