Penggagalan Penyelundupan NPP Hasil Sinergi Bea Cukai Bandung dengan Kantor Wilayah DJBC Jawa Barat

04-11-2021 - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Bandung — Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Barat

Halo Sobat Bea Cukai Bandung!
Selamat libur akhir pekan nih, tetaplah bersemangat seperti petugas Bea Cukai Bandung yang tetap melakukan pengawasan atas lalu lintas barang kiriman dari luar negeri di Kantor @posindonesiasppbd40400 . Terbukti pada hari Sabtu, 2 Oktober 2021, petugas tim gabungan Bea Cukai Bandung dan @bckanwiljabar berhasil menggagalkan upaya penyelundupan Narkotika, Psikotropika, dan Prekursor (NPP) jenis methamphetamine, sebanyak ±90 gram bruto.

Bermula dari hasil analisa dokumen manifes dan hasil pindaian mesin x-ray, diperoleh sebuah paket barang kiriman dari Malaysia tujuan Sukabumi yang diduga terdapat benda mencurigakan. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan menggunakan anjing pelacak K9 yang menunjukkan ketertarikan terhadap paket tersebut.

Atas analisa dokumen, pemeriksaan x-ray, dan respon positif dari K9, petugas melakukan pemeriksaan secara mendalam terhadap barang tersebut. Berdasarkan hasil pemeriksaan, petugas menemukan sebuah amplop berwarna coklat berisi satu bungkus plastik kristal berwarna putih yang disembunyikan di dalam kantong celana jeans dengan berat bruto 90 gram. Petugas kemudian melakukan pengujian menggunakan alat narcotest dan kedapatan diduga positif methampetamine. Untuk lebih memastikan, kemudian dilakukan uji laboratorium di Satuan Pelayanan Laboratorium Bea Cukai Bandung dan diperoleh hasil bahwa serbuk kristal berwarna putih tersebut teridentifikasi positif sebagai methamphetamine.

Tindakan selanjutnya bersama unit narkotika @polrestabesbandung dan @polres_sukabumikota melakukan control delivery ke daerah tujuan yaitu Sukabumi. Ditemukan 6 orang yang terlibat dengan berinisial AS, FH, SW, AVH, RH, dan SF serta didapatkan barang bukti tambahan sebanyak 16 bungkus kecil methamphetamine dengan berat total 9,93 gram.

Sinergi yang baik dengan seluruh instansi terkait semoga senantiasa terjaga demi melindungi dan menyelamatkan masyarakat dari bahaya penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang.

#WarOnDrugs
#BeaCukaiMakinBaik
#BeaCukaiBandungBisa
#BeaCukaiBandungJuara
#BeaCukaiBandungWBBM2020

Bagikan berita melalui