Dinas Dukcapil Peroleh Indeks Pelayanan Publik 2024 Alami Kenaikan Secara Signifikan

02-01-2025 - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil — Pemerintah Kab. Kuantan Singingi

Teluk Kuantan, 02 Januari 2025 – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  Kabupaten Kuantan Singingi mencatat pencapaian membanggakan dengan kenaikan secara signifikan atas Indeks Pelayanan Publik (IPP) di tahun 2024. Kenaikan ini merupakan hasil dari evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2024 yang dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Repormasi Birokrasi.beberapa waktu yang lalu, dari hasil penilaian sesuai Surat Keputusan Menteri PAN-RB Nomor : 659 tahun 2024 yang diumumkan oleh Kementerian MenpanRB baru-baru ini mencatatkan bahwa pada kategori OPD Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuantan Singingi berada pada angka Indeks Pelayanan Publik (IPP) 4,44 dengan kategori “A-” dengan makna “Sangat Baik” jika dibandingkan dengan evaluasi tahun 2022 dengan capaian indeks 2,93 kategori “C” dengan makna “Cukup”.

Kepala Dinas Dukcapil Kuantan Singingi, Mahviyen Trikon Putra, Se, menyampaikan rasa syukur dan apresiasi kepada seluruh tim atas kerja keras yang telah dilakukan sepanjang tahun 2024. “Kenaikan ini menunjukkan bahwa berbagai upaya perbaikan dan inovasi pelayanan yang telah kita lakukan membuahkan hasil nyata. Ini juga menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Evaluasi kinerja pelayanan publik ini melibatkan aspek-aspek penting, seperti Standar Pelayanan, Maklumat Pelayanan, SKM, Profesionalisme SDM Sarana Dan Prasarana, Sistem Informasi Pelayanan Publik , Konsultasi Dan Pengaduan, dan Inovasi

 

Salah satu inovasi yang berkontribusi pada peningkatan ini adalah penerapan sistem pelayanan digital, yang mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan administrasi kependudukan tanpa harus datang langsung ke kantor pelayanan. Selain itu, program jemput bola yang menyasar masyarakat di daerah relative jauh dari pusat layanan  juga mendapat respons positif.

Dinas Dukcapil berkomitmen untuk terus berinovasi demi menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. “Kami menyadari bahwa pelayanan yang prima adalah kunci utama dalam menciptakan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Ke depan, kami akan terus melakukan perbaikan melalui berbagai inovasi yang berbasis kebutuhan masyarakat,” tambah Mahviye.

(YRZ:Dukcapil Kuansing)

Bagikan berita melalui