Batulicin – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin turut hadir dalam Kegiatan Pendampingan dan Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) serta penggunaan aplikasi E-SOP yang digelar di Balai Pertemuan Garuda, Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Selatan pada Rabu, 13 November 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat tata kelola administrasi di setiap Unit Pelaksana Teknis (UPT) melalui penerapan SOP yang terstandarisasi dan terintegrasi secara digital.
Diikuti oleh perwakilan UPT se-Kalimantan Selatan, kegiatan ini dimulai dengan laporan Ketua Panitia, Bapak Hendy Emil, selaku Kepala Bagian Program dan Humas Kanwil Kemenkumham Kalsel. Dalam sambutannya, Kepala Divisi Administrasi, Bapak Candrafriandi Achmad, menyampaikan harapannya agar SOP yang disusun dalam kegiatan ini dapat diaplikasikan di seluruh UPT sehingga semua kegiatan berjalan sesuai dengan pedoman yang jelas. "Kepatuhan pada SOP adalah kunci dalam mencapai standar pelayanan terbaik bagi masyarakat," ujar beliau.
Sebagai bagian dari sesi pendampingan, Fazriansyah dari Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kemenkumham RI memaparkan materi tentang aplikasi E-SOP yang terus dikembangkan untuk mendukung efektivitas kerja dan konsistensi prosedural di setiap lini pelayanan. Penyampaian ini diikuti dengan sesi praktik langsung di mana para peserta berkesempatan mengisi aplikasi E-SOP dengan bimbingan Faiz, juga dari Biro Perencanaan. Para pegawai Kantor Imigrasi Batulicin mengaku antusias dan merasa lebih memahami penerapan aplikasi ini dalam proses penyusunan dan pengelolaan SOP.
"Kami sangat terbantu dengan pendampingan ini, karena dengan aplikasi E-SOP, penyusunan SOP menjadi lebih sistematis dan terdokumentasi dengan baik," ungkap salah satu pegawai Imigrasi Batulicin. Ia menambahkan bahwa aplikasi ini sangat membantu dalam memantau pelaksanaan SOP secara real-time, yang tentunya mempermudah pengelolaan kegiatan di lapangan.
Kegiatan ditutup oleh Kabag Program dan Humas, Bapak Hendy Emil, yang mengapresiasi semangat para peserta dari berbagai UPT dalam mengikuti seluruh rangkaian acara. Beliau berharap agar seluruh peserta, termasuk tim dari Kantor Imigrasi Batulicin, dapat membawa hasil pendampingan ini ke lingkungan kerja masing-masing untuk memperkuat pelayanan publik yang efektif dan efisien.
Dengan mengikuti kegiatan ini, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin menunjukkan komitmennya untuk terus berinovasi dan meningkatkan mutu pelayanan melalui tata kelola yang baik, di mana SOP yang terintegrasi dalam aplikasi E-SOP diharapkan dapat mempercepat proses administrasi dan meningkatkan kepuasan masyarakat.
Macam-Macam Pasal Pencurian Pada KUHP
Jumat, 09 Jun 2023PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KEKERASAN KEPADA ANAK DI INDONESIA
Rabu, 08 Feb 2023Kode Transaksi Faktur Pajak, Kenali Jenis dan Saat Penggunaannya
Rabu, 28 Sep 2022Mengenal Undang-Undang ITE
Minggu, 14 May 2023Ingin Ganti Nama? Begini Prosedur Hukumnya
Selasa, 12 May 2020