Rutan Tangerang Gelar Simulasi Mitigasi Bencana Bersama BPBD Kabupaten Tangerang

26-10-2024 - Rumah Tahanan Negara Kelas I Tangerang — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI BANTEN

Rutan Tangerang Gelar Simulasi Mitigasi Bencana Bersama BPBD Kabupaten Tangerang

Tangerang – Rutan Kelas I Tangerang menggelar sosialisasi dan simulasi penanggulangan bencana alam bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, Kamis, (24/10). Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesiapsiagaan seluruh petugas dan warga binaan dalam menghadapi potensi bencana, seperti gempa bumi dan kebakaran.

Kepala Rutan Kelas I Tangerang, Raja Muhammad Ismael Novadiansyah, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi terkait mitigasi dan simulasi bencana. "Simulasi ini merupakan upaya koordinasi kami dengan BPBD guna mengantisipasi dan mencegah bencana, seperti kebakaran dan gempa bumi, agar tidak terjadi di masa mendatang," ujarnya.

juga menambahkan bahwa simulasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesigapan dan ketanggapan seluruh penghuni Rutan dalam menghadapi situasi darurat. “Dengan adanya simulasi ini, diharapkan seluruh petugas dan warga binaan Rutan Tangerang dapat lebih siaga guna mengantisipasi dan mencegah bencana, seperti kebakaran dan gempa bumi, serta meningkatkan keselamatan dan keamanan di lingkungan Rutan,” tambahnya.

kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi dan simulasi mitigasi bencana. Dalam pelatihan ini, petugas dan warga binaan diberikan teori dan praktik tentang penanganan bencana oleh Tim BPBD Kabupaten Tangerang. Beberapa poin utama yang diajarkan meliputi pemahaman tentang evakuasi yang cepat dan tertib, langkah-langkah menghadapi bencana sebelum, selama, dan setelah kejadian, teknik pemadaman api dengan karung goni dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), serta penanganan kebakaran dan kebocoran gas. Tidak hanya kebakaran, peserta juga dilatih dalam simulasi gempa bumi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Lapas Terbuka Kelas IIB Ciangir, Bapak Soeistanto beserta jajarannya, serta Kepala Bidang Pemadam dan Penyelamatan BPBD Kabupaten Tangerang, H. Agung Guntara, dan tim BPBD.


Bagikan berita melalui