Pembinaan Kepribadian : meningkatkan kesadaran WBP Lapas Mamasa

22-10-2024 - LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS III MAMASA — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI SULAWESI BARAT

Pembinaan Kepribadian : meningkatkan kesadaran WBP Lapas Mamasa

Mamasa, 22 Oktober 2024 - Lapas Kelas III Mamasa kembali menunjukkan komitmennya dalam pembinaan kepribadian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) beragama Islam dengan menggelar pelaksanaan sholat wajib secara berjamaah di Musholla Al Mubarak. Kegiatan ini berlangsung rutin setiap hari, melibatkan seluruh WBP Muslim di Lapas Mamasa sebagai salah satu bentuk program pembinaan rohani dan spiritual.

Kepala Lapas Kelas III Mamasa, dalam keterangannya, menyampaikan bahwa kegiatan sholat berjamaah ini merupakan bagian penting dari program pembinaan kepribadian. “Melalui pelaksanaan sholat wajib bersama, kami berharap WBP dapat meningkatkan kualitas spiritualnya, lebih dekat kepada Allah, serta mendapatkan ketenangan jiwa yang dapat membantu mereka dalam proses pembinaan di lapas," ungkap Hastono selaku Kalapas Mamasa.

Musholla Al Mubarak, sebagai pusat kegiatan ibadah umat Islam di Lapas Mamasa, menjadi tempat berkumpulnya para WBP untuk melaksanakan sholat lima waktu dengan khusyuk dan tertib. Tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, Musholla ini juga menjadi sarana pembinaan spiritual di mana WBP mendapatkan ceramah agama, kajian Al-Qur'an, serta bimbingan dari petugas Lapas dan ulama setempat. Pembinaan kepribadian melalui sholat berjamaah ini diharapkan dapat membentuk WBP menjadi pribadi yang lebih baik selama menjalani masa hukuman.

Dengan rutinitas ibadah yang teratur, mereka didorong untuk merefleksikan diri, memperbaiki sikap, dan menjalani kehidupan sehari-hari dengan nilai-nilai keislaman yang kuat. Para WBP menyambut baik kegiatan ini. Mereka merasa bahwa pelaksanaan ibadah bersama membantu menciptakan suasana yang kondusif di dalam Lapas Mamasa dan memperkuat solidaritas antar sesama WBP.

Sementara itu, secara terpisah, Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat, pamuji Raharja, menjelaskan tentang implementasi pembinaan kepribadian pada Lapas Mamasa. “Kegiatan sholat berjamaah ini merupakan bagian dari pembinaan kepribadian yang lebih luas di Lapas Mamasa, yang meliputi program keagamaan, kesenian, dan olahraga” ucapnya.

@Kumham_Sulbar @Kemenkumham @Kementerian Hukum dan HAM RI #KanwilSulbar #KumhamSulbar #KanwilKemenkumhamSulbar @NewsKemenkumham #KemenkumhamSemakinPasti #KamiPasti #PamujiRaharja #SupratmanAndiAgtas #KumhamPASTI #KemenkumhamRI #Hastono #LapasMamasa #DiaryLapasMamasa


Bagikan berita melalui