Inovatif, Mahasiswa KKN UIN Antasari Banjarmasin Ajarkan Membatik dengan Media Tisu kepada Warga Binaan Lapas Tanjung

19-10-2024 - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tanjung — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI KALIMANTAN SELATAN

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Antasari Banjarmasin kembali berinovasi dalam memberikan pelatihan kepada warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjung. Kali ini, mereka mengajarkan teknik membatik dengan media tisu kepada 9 warga binaan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan memberikan keterampilan baru yang bermanfaat bagi para warga binaan. Sabtu (19/10).

 

Dalam pelatihan tersebut, bahan yang digunakan cukup sederhana dan mudah didapatkan, yakni tisu basah, karet gelang, pewarna kain, air, dan wadah kecil. Namun, bukan hanya pada tisu, teknik ini juga dapat diaplikasikan pada media kain, sehingga memberikan fleksibilitas lebih dalam menciptakan berbagai kreasi batik yang unik dan menarik.

 

Salah satu mahasiswa KKN, Zahro, menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kreativitas warga binaan serta memberikan pengetahuan bahwa teknik membatik itu sangat beragam. "Dengan media sederhana seperti tisu pun, kita bisa membatik. Kami berharap, keterampilan ini bisa bermanfaat bagi mereka di masa depan," ungkap Zahro dengan penuh harapan. Ia juga merasa senang bisa berbagi ilmu dan keterampilan dengan warga binaan.

 

Kepala Lapas Tanjung, Hakim Sanjaya, menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan ini. Ia berharap keterampilan yang diberikan dapat diterapkan oleh warga binaan setelah mereka bebas nanti. "Kami sangat berterima kasih kepada mahasiswa KKN UIN Antasari atas pelatihan ini. Semoga warga binaan bisa mengambil manfaatnya dan bisa menjadi bekal untuk kehidupan mereka di kemudian hari," tuturnya.

 

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan keterampilan membatik yang diajarkan dapat menjadi alternatif bagi para warga binaan untuk berkarya dan menambah kreativitas mereka selama menjalani masa tahanan.

 

@kemenkumhamri

@kemenkumhamkalsel

#KanwilKemenkumhamKalsel

#KumhamKalsel

#Jumadi

Kanwil Kemenkumham Kalsel

KumhamKalsel

Jumadi

 


Bagikan berita melalui