Kemenag Aceh Timur Wujudkan Program Kanwil Kemenag Aceh Tanam Pohon Wakaf Produktif.

17-10-2024 - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur — Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh

Humas, 17 Oktober 2024 — Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur menggelar acara penanaman pohon wakaf produktif di lahan tanah wakaf seluas 2000 meter persegi yang dimiliki oleh Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Aceh Timur. Yang bertempat di Gampong Pucok Aleu Dua Kec, Simpang Ulim.

Program 2000 Wakaf Produktif ini merupakan bagian dari inisiatif Kanwil Kementerian Agama provinsi Aceh dalam mengoptimalkan pemanfaatan tanah wakaf untuk kepentingan produktif.

Acara penanaman secara simbolis dimulai dengan penanaman pohon sawit oleh Kepala Kantor Kementerian Agama  Aceh Timur, H. Salamina, S.Ag, MA, yang didampingi oleh Kepala MAN 4 Aceh Timur, H. Munzilin, S.Pd, bersama jajaran pimpinan Kemenag dan madrasah.

Dalam ungkapan, H. Salamina menekankan pentingnya menjaga lingkungan melalui pemanfaatan tanah wakaf untuk kepentingan produktif. "Program ini tidak hanya memberikan manfaat lingkungan, tetapi juga memberikan dampak ekonomi jangka panjang bagi pendidikan dan kesejahteraan umat," ungkapnya.

Ia juga menambahkan "Kita tidak hanya berbicara soal penghijauan semata, tetapi juga tentang bagaimana memanfaatkan potensi tanah wakaf untuk kesejahteraan umat. 

Dengan menanam pohon sawit ini, kita berharap hasilnya dapat dimanfaatkan untuk mendukung operasional madrasah dan bahkan membantu masyarakat sekitar," ujar Salamina.

Sebagai penutup, H. Salamina menegaskan kembali bahwa penanaman pohon wakaf produktif ini merupakan bagian dari program yang diinisiasi oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Aceh. 

"Penanaman pohon wakaf produktif ini adalah salah satu wujud nyata dari program Kanwil Kemenag Provinsi Aceh. Kami berharap inisiatif ini dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang luas, baik dari segi ekonomi maupun pelestarian lingkungan. Semoga langkah ini bisa menjadi contoh yang baik untuk daerah lain," tutup Salamina.

Selain itu, acara tersebut juga dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Kasubbag TU Kemenag Aceh Timur, H. Fadli, S.Ag, M.Si, Kasi Bimas Islam Muhammad Mansyur, S.Sos.I, MA, Kasi PAI Faisal, S.Ag, Kasi Pontren T. Zulfikar, S.Sos.I, MA, Kasi PHU Drs. H. Muzakkir, MA, serta Penyelenggara Zakat dan Wakaf H. Mulkan Sidamanik, S.Sos.I, MA. Kehadiran mereka menunjukkan komitmen penuh Kemenag Aceh Timur dalam mendukung program penghijauan dan pemberdayaan tanah wakaf.

Program penanaman pohon wakaf produktif ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi madrasah dan masyarakat sekitar untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan memaksimalkan potensi wakaf demi kebaikan bersama.[Rzl]

#Tugs: Kemenag Aceh Timur 

#BWI Aceh Timur 

#Pendidikan Madrasah 

#KUA

Poto grafer: Rizal

Bagikan berita melalui