Badiklat Kumham Kepri Jadi Yang Pertama Selenggarakan Webinar Bertemakan Membangun Instrumen Asesmen Kriminogenik yang Efektif di Indonesia

16-10-2024 - Balai Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan HAM Kepulauan Riau — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI KEPULAUAN RIAU

Batam - Balai Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan HAM Kepulauan Riau laksanakan Webinar dengan tema Membangun Instrumen Asesmen Kriminogenik yang Efektif di Indonesia pada Rabu (16/10/24).

Webinar yang dibuka oleh Direktur Pembimbingan Kemasyarakatan dan Upaya Keadilan Restoratif Pemasyarakatan Ditjen PAS, Pujo Harinto ini merupakan webinar yang pertama kali diselenggarakan dengan mengangkat tema tersebut.

Dalam sambutannya Pujo Harinto menyampaikan bahwa Webinar dengan tema "Membangun Instrumen Asesmen Kriminogenik yang Efektif di Indonesia" ini menjadi sangat penting, mengingat bahwa asesmen kriminogenik merupakan salah satu elemen kunci dalam upaya rehabilitasi narapidana.

"Dengan instrumen yang tepat, kita dapat melakukan klasifikasi yang lebih baik terhadap narapidana berdasarkan risiko dan kebutuhan mereka, sehingga proses reintegrasi sosial dapat dilakukan secara efektif dan mengurangi risiko residivisme" terangnya.

Pujo Harinto juga menerangkan bahwa Di era yang terus berkembang ini, pembaruan pengetahuan menjadi hal yang mutlak.

"Webinar ini adalah kesempatan yang sangat baik bagi kita semua untuk memperdalam pemahaman mengenai asesmen kriminogenik dan tantangan yang dihadapi dalam pengembangannya" ungkapnya.

Kegiatan webinar ini Balai Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan HAM Kepulauan Riau menghadirkan narasumber yang berasal dari Sekretaris Senat Akademik Fakultas FISIP UI, Iqra, Pembimbing Kemasyarakatan Ahli Muda Ditjen Pas, Nasirudin Acil, Widyaiswara Ahli Madya BPSDM Hukum dan HAM, Wiharyani, dan Reentry Program Badiklat Kumham Kepri, Agri Baskara, dengan moderator dari Reentry Program Badiklat Kumham Kepri, Novita Sartika Elisabeth.


Bagikan berita melalui