KOMITMEN BERIKAN MAKANAN YANG ENAK & BERGIZI, LAPAS KARANGASEM IKUTI PELATIHAN JASA BOGA & TATA BOGA BAGI PETUGAS PENGELOLA DAPUR LAPAS

16-10-2024 - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Karangasem — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI BALI

BANGLI, INFO PAS - Guna meningkatkan pemahaman, kompetensi dan kapasitas Petugas Pemasyarakatan dalam pengelolaan Bahan Makanan, Lapas Kelas IIB Karangasem ikuti Pelatihan teknis Tata dan Jasa Boga oleh Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Bali, pada Selasa (15/10/2024).

Hadir langsung dalam kegiatan tersebut Lapas Karangasem yang diwakili oleh petugas pengelola dapur Lapas Karangasem, I Putu Baskara Yoga dan staf keperawatan, I Made Andre Subawa.

Pelatihan yang diselenggarakan untuk petugas pelayanan pada Lapas Rutan diharapkan mampu menghadirkan layanan yang layak dan memadai bagi warga binaan pada Lapas dan Rutan. Acara yang dihadiri oleh seluruh Kepala Satuan Kerja dilingkungan pemasyarakatan juga dibuka oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Bali.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Bali, Putu Murdiana menerangkan bahwa kegiatan tersebut sangatlah penting untuk dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme dan kapabilitas dari seluruh petugas dapur dalam pengelolaan jasa boga dan tata boga serta memberikan pemahaman kepada para petugas dapur di Lapas/Rutan/LPKA dalam memberikan layanan dan penyelenggaraan makanan kepada seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan.

"Saya harap kepada para peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya sehingga bisa bermanfaat untuk pemenuhan bahan makanan bagi warga binaan yang sesuai standar kesehatan dan standar gizi." tegas Putu.

Kegiatan pelatihan tersebut dilanjutkan dengan pemaparan materi secara langsung dari Dinas Tenaga Kerja dan ESDM Provinsi Bali, beberapa cakupan materi seperti pengelolaan bahan makanan/teknik memasak, penggunaan alat dapur higienis dan sanitasi, serta penataan hidangan.

Dengan dilaksanakan pelatihan tersebut masing - masing peserta selanjutnya mendapatkan sertifikat pelatihan Pengelola Jasa Boga dan Tata Boga yang diterbitkan oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Energi Sumber Daya Mineral Provinsi.

Dengan pemahaman dan keterampilan yang mumpuni, diharapkan para petugas dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada seluruh warga binaan dalam hal penyediaan layanan makanan yang layak untuk mewujudkan Pemasyarakatan yang lebih maju dan semakin berdampak.

Bagikan berita melalui