Tari Jepen Kreasi Warga Binaan Warnai Simpang Odah Etam, Dukung Ekonomi Kreatif di Tenggarong!

15-10-2024 - Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Tenggarong — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI KALIMANTAN TIMUR

Tenggarong – Kegiatan pembinaan bagi warga binaan di Lapas Peremluan Tenggarong semakin menunjukkan hasil yang membanggakan. Dalam rangka mendukung pengembangan ekonomi kreatif dan budaya, warga binaan baru-baru ini tampil memukau di salah satu kawasan wisata, Simpang Odah Etam.
Acara ini dirancang untuk menjadi pusat kegiatan ekonomi kreatif, menyediakan stan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta komunitas seni. Dalam kegiatan ini, warga binaan menampilkan kesenian tari jepen kreasi, yang berhasil memikat perhatian masyarakat.
Penampilan tersebut tidak hanya menunjukkan bakat seni yang terpendam, tetapi juga memberikan kesempatan bagi warga binaan untuk berinteraksi dengan masyarakat. Apresiasi besar dari penonton semakin memperkuat semangat mereka untuk berkarya.
Kegiatan ini juga mendapatkan dukungan penuh dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur, Gun Gun Gunawan, serta Kepala Divisi Pemasyarakatan, Endang Lintang. Mereka menegaskan pentingnya pembinaan dan pemberdayaan warga binaan untuk membantu reintegrasi sosial.
"Acara ini merupakan langkah positif dalam membangun citra positif bagi warga binaan. Dengan dukungan masyarakat, mereka dapat kembali ke masyarakat dengan keterampilan yang lebih baik," ujar Triana Agustin, Kalapas Perempuan Tenggatong.
Diharapkan, kegiatan semacam ini dapat menjadi agenda rutin, yang tidak hanya memberikan hiburan tetapi juga membuka peluang bagi warga binaan untuk berkontribusi dalam pembangunan budaya dan ekonomi daerah.
Dengan semangat kolaborasi, Simpang Odah Etam menjadi saksi bahwa setiap individu memiliki potensi untuk bangkit dan berkarya, tanpa memandang latar belakangnya.

Bagikan berita melalui