Pelatihan Petugas Lapangan Survei Industri Mikro dan Kecil (VIMK) Triwulanan Tahun 2024

08-10-2024 - Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Karanganyar — Pelayanan Statistik Terpadu BPS Provinsi Jawa Tengah

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Karanganyar menggelar pelatihan bagi calon petugas Survei Industri Mikro dan Kecil (VIMK) triwulan III tahun 2024 pada Senin (7/10/2024). Kegiatan ini dilaksanakan di Aula BPS Kabuipaten Karanganyar, diikuti oleh 5 orang PCL berasal dari Mitra BPS, 3 orang PML berasal dari organik BPS Kabupaten Karanganyar. Adapapun Pelatihan ini dipandu 2 Instruktur Daerah yang berasal dari organik BPS Kabupaten Karanganyar yakni Wiling Alih Maha Ratri. (Teknis) dan Iftah Noor Afthoni (Pengolahan).

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi petugas dalam melakukan Survei Industri Mikro dan Kecil (VIMK) triwulan III tahun 2024, yang merupakan tulang punggung perekonomian daerah. Survei ini tidak hanya akan membantu pemerintah dalam merumuskan kebijakan, tetapi juga memberikan gambaran nyata mengenai kondisi industri mikro dan kecil di Kabupaten Karanganyar. Dengan data yang akurat, kita dapat mengoptimalkan potensi dan mendukung pertumbuhan sektor Industri Mikro dan Kecil (VIMK). Survei ini dilakukan untuk memperoleh informasi perkembangan produksi industri pengolahan khususnya industri skala mikro dan kecil, yaitu usaha ekonomi yang menghasilkan barang dengan tenaga kerja kurang dari 20 orang dengan referensi waktu secara triwulanan.

Sebanyak 74 sampel usaha sektor Industri Mikro dan Kecil (VIMK) terpilih akan dipantau aktivitas produksinya dengan metode pencacahan menggunakan moda Computer-assisted personal interviewing (CAPI) yaitu dengan aplikasi FASIH di rentang waktu pencacahan 8 Oktober sampai dengan 18 Oktober 2024. Informasi yang diperoleh kemudian akan dilakukan penghitungan untuk mendapatkan indeks produksinya.

Dengan pelatihan ini, diharapkkan dapat melahirkan petugas survei yang handal dan siap menjalankan tugasnya dengan baik, serta menghasilkan data yang akurat untuk mendukung perkembangan industri mikro dan kecil khusunya di Kabupaten Karanganyar. Kegiatan ini menjadi langkah penting dalam memperkuat basis data statistik yang akan digunakan untuk mendukung kebijakan pembangunan yang lebih baik dan berkelanjutan di Kabupaten Karanganyar.


Bagikan berita melalui