Kunjungi Lapas Banjarbaru, Dirwatkeshab Cicipi Masakan Dapur Sehat Labaru

08-10-2024 - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Banjarbaru — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI KALIMANTAN SELATAN

<meta charset="UTF-8" />

Banjarbaru, Info_PAS -  Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi (Dirwatkeshab) Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas), Maulidi Hilal melakukan kunjungan kerja ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Banjarbaru, Senin (7/10). Dalam kunjungan tersebut, Hilal bahkan sempat mencicipi masakan olahan Warga Binaan saat meninjau dapur sehat Lapas Banjarbaru. 

"Masakannya enak, bumbunya pas, serasa masakan rumahan ini. Dapur serta peralatan masaknya juga bersih, bahkan tamping dapur diwajibkan menggunakan pakaian khusus dapur yang bersih, lengkap dengan celemek, masker, sarung tangan, penutup rambut, hingga sandal anti slip," puji Hilal.

Saat meninjau dapur, Hilal dan tim Watksehab juga mengecek tempat penyediaan air minum, tempat penyimpanan bahan makanan, alat memasak nasi (steamer), dan area pencucian tempat makanan (ompreng). Hilal juga berkomunikasi dengan tamping dapur dan memberikan motivasi dalam bekerja.

"Dapur sehat Labaru ini diresmikan oleh Bapak Plt. Dirjenpas beberapa waktu lalu dan juga telah memiliki sertifikat laik hyginie sanitasi jasaboga dan sertifikat halal dari MUI. Saya mengapresiasi capaian itu, teruslah jaga kebersihan dapur dan selalu pastikan makanan yang diberikan untuk seluruh Warga Binaan itu higienis dan bergizi," pesan Hilal.

Tidak hanya sampai disitu, Dirwatkeshab dan tim juga meninjau Klinik Pratama untuk mengecek ruang tindakan, ruang obat, ruang dokter, ruang perawatan gigi dan mulut, dan ruang rawat inap. Hilal berpesan agar pelayanan kesehatan haruslah prima tanpa memandang latar belakang Warga Binaan. 

"Saya apresiasi kinerja Kalapas dan jajaran yang berupaya membuat klinik ini menjadi bagus dan telah memiliki izin operasional klinik pratama. Semoga bisa ditingkatkan lagi menjadi klinik paripurna, agar pelayanan kesehatan bagi Warga Binaan semakin baik dan berkualitas," harap Hilal.

Mengakhiri kunjungan di Lapas Banjarbaru, Dirwatkeshab dan tim diajak Kalapas untuk melihat kegiatan pembinaan kemandirian Warga Binaan di lahan Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE). Dalam suasana santai di rumah Baanjung, Dirwaktkeshab menikmati hasil panen Warga Binaan, berupa melon, pepaya, dan teh telang seraya berdiskusi tentang peningkatan kualitas pelayanan dengan jajaran Lapas Banjarbaru.

Pada kesempatan sama, Kalapas Banjarbaru, I Wayan Nurasta Wibawa menyampaikan terimakasih atas kunjungan kerja Dirwatkeshab dan tim Watkeshap Ditjenpas. "Kunjungan ini tentunya menjadi motivasi bagi kami semua untuk terus memberikan pelayanan prima, baik kepada Warga Binaan maupun Masyarakat," ungkap Wayan.

Bagikan berita melalui