Rapat Koordinasi Nasional Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif II Tahun 2024 Digelar di Nusa Tenggara Barat

08-10-2024 - Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng — Pemerintah Kab. Buleleng

Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif II Tahun 2024 yang berlangsung dari 28 hingga 30 September 2024. Dengan mengusung tema “Strategi Pemasaran Pariwisata yang Inovatif, Adaptif, dan Kolaboratif untuk Kemajuan Pariwisata Indonesia,”. Rakornas ini bertujuan untuk membahas langkah-langkah strategis dalam memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.
Acara ini dirangkaikan dengan Pameran Lombok Sumbawa Nusantara Fair serta pelaksanaan MotoGP 2024, yang juga berlangsung di NTB. Rakornas dihadiri oleh seluruh Dinas Pariwisata Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia dengan masing-masing dinas mengirimkan empat perwakilan, yaitu Kepala Dinas Pariwisata Provinsi, Kepala Bidang Pemasaran, satu staf, dan satu agen perjalanan (travel agent). Para peserta berpartisipasi dalam kegiatan promosi pameran serta misi penjualan dalam upaya memperkuat jaringan pemasaran pariwisata.
Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI), Sandiaga Salahudin Uno, melalui tapping, dilanjutkan dengan paparan oleh Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf RI, Ni Made Ayu Marthini, yang menyampaikan strategi pemasaran nasional. Tuan rumah, Sekretaris Daerah NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si, juga memaparkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif Provinsi NTB.
Para Kepala Dinas Pariwisata dari seluruh provinsi diberikan kesempatan untuk menyampaikan paparan mengenai Program Pemasaran selama lima menit pada Rakornas yang bertempat di Hotel Lombok Raya, Jalan Panca Usaha No.11, Mataram, NTB. Kegiatan ini diharapkan mampu menghasilkan kolaborasi inovatif yang dapat mendorong kemajuan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Bagikan berita melalui