Dirtikers Ditjenpas Puji Rupbasan Kupang Sebagai Salah Satu Rupbasan Terbaik di Indonesia

02-10-2024 - RUPBASAN KUPANG — KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM NUSA TENGGARA TIMUR

Kupang, INFO_PAS – Direktur Teknologi Informasi dan Kerja Sama Pemasyarakatan (Dirtikers) Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas), Marselina Budiningsih, memberikan pujian kepada Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Kupang sebagai salah satu Rupbasan terbaik di Indonesia. Pujian tersebut disampaikan saat kunjungan kerja Marselina ke Rupbasan Kupang, Rabu (02/10).

 

Dalam kunjungan tersebut, Marselina bersama rombongan meninjau berbagai fasilitas pelayanan publik, Sistem Database Pemasyarakatan (SDP), Self Checking (Selfi) Benda Sitaan Negara (Basan) dan Barang Rampasan Negara (Baran), serta gudang tempat penyimpanan Basan dan Baran. Ia menyatakan kekagumannya terhadap kebersihan dan penataan ruangan Rupbasan Kupang yang sangat rapi dan teratur.

 

“Rupbasan Kupang adalah salah satu Rupbasan terbaik, karena sangat rapi, bersih, dan penataan ruangannya sangat baik. Kebersihan tempat ini menjadi hal pertama yang dilihat dan patut dicontoh oleh UPT Pemasyarakatan lainnya. Saya berharap kebersihan dan keteraturan ini dapat dipertahankan,” ujar Marselina.

 

Marselina juga menekankan kelengkapan gudang di Rupbasan Kupang. Dari total 64 Rupbasan di seluruh Indonesia, hanya beberapa yang memiliki gudang penyimpanan Basan dan Baran yang lengkap, dan Rupbasan Kupang termasuk di antaranya.

 

Tidah hanya itu, Marselina juga menilai bahwa fasilitas pelayanan publik di Rupbasan Kupang sudah sangat memadai, sehingga layak untuk meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

 

Kunjungan kerja Marselina ini disambut hangat oleh Kepala Rupbasan (Karupbasan) Kupang, Sahid Andriyanto Arief, beserta seluruh jajaran. Andriyanto menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan dan apresiasi yang diberikan.

 

"Kami berharap penilaian ini menjadi motivasi untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan di Rupbasan Kupang. Kami akan bekerja lebih baik, lebih keras, dan lebih cerdas untuk kemajuan Pemasyarakatan," ujar Andriyanto.

 

Andriyanto lanjut menjelaskan bahwa kondisi Rupbasan Kupang saat ini tidak terlepas dari campur tangan seluruh Petugas yang mau bekerjasama membawa Rupbasan Kupang menuju puncak kejayaan.

 

"Walaupun kebanyakan para Petugas kami sudah dalam posisi senior, tetapi mereka mempunyai rasa memiliki yang tinggi terhadap kantor ini, sehingga selalu ada ide kreatif untuk menjadikan kantor ini menjadi lebih baik dan berkualitas dalam memberikan pelayanan prima," tambahnya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Marselina juga memberikan pengarahan kepada seluruh jajaran Rupbasan Kupang terkait tugas dan fungsi mereka. "Saya berharap semua pejabat dan staf dapat bekerja lebih maksimal. Pertahankan yang sudah baik, tetap semangat, dan jangan menyerah," imbuh Marselina.

 

Selain itu, Marselina menyampaikan pesan dari Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Reynhard S. P. Silitonga, agar seluruh petugas Pemasyarakatan, termasuk di Rupbasan Kupang, menjaga dengan baik martabat dan integritas mereka.

 

“Jaga apa yang dimiliki saat ini. Jangan sampai merusak diri sendiri dengan terlibat dalam tindakan yang merugikan, seperti menjadi pengedar narkoba atau melakukan tindakan terlarang lainnya," tegasnya.

 

Kunjungan ini juga mendapat apresiasi dari Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone, yang menyampaikan dari tempat terpisah, bahwa prestasi Rupbasan Kupang menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kanwil Kemenkumhan NTT yang merupakan instansi pembina. (Kontributor HRK-AN)


Bagikan berita melalui