Siswa-siswi MTsN 1 Inovasi Kota Subulussalam Diberikan Penyuluhan dan Skrining Kesehatan oleh Puskesmas Simpang Kiri

02-10-2024 - Kantor Kementerian Agama Kota Subulussalam — Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh

Ratusan peserta didik MTsN 1 Inovasi Kota Subulussalam mengikuti kegiatan Skrining Kesehatan pada usia sekolah yang diselenggarakan oleh UPTD Puskesmas Simpang Kiri Kota Subulussalam, pada Senin 30 September 2024, Kegiatan tersebut dilaksanakan per kelas serta terdiri dari kelas VII dan Kelas VIII.

Selain pelaksanaan skrining kesehatan, Puskesmas Simpang Kiri Kota Subulussalam juga memberikan vitamin penambah darah bagi siswi MTsN 1 Inovasi Kota Subulussalam.

Salah satu Petugas UKS Puskesmas Simpang Kiri Kota Subulussalam menyampaikan bahwa kegiatan Skrining Kesehatan ini merupakan kerjasama UPTD Puskesmas Simpang Kiri Kota Subulussalam dengan MTsN 1 Inovasi Kota Subulussalam yang bertujuan untuk menjaring kesehatan para peserta didik MTsN 1 Inovasi Kota Subulussalam mulai dari pemeriksaan status gizi, pemeriksaan mata, pemeriksaan telinga, gigi dan mulut.

Kegiatan Skrining tersebut dilaksanakan dimulai dari pendataan peserta didik, pengukuran tinggi dan berat badan. Kemudian dilakukan pemeriksaan ketajaman indera penglihatan, pemeriksaan tes penglihatan warna, pemeriksaan telinga, pemeriksaan gigi dan mulut yang dilakukan oleh para petugas UPTD Puskesmas Simpang Kiri Kota Subulussalam.

Selain melakukan Skrining Kesehatan anak usia sekolah, UPTD Puskesmas Simpang Kiri Kota Subulussalam juga memberikan vitamin tablet tambah darah (TTD) kepada para siswi, pemberian vitamin penambah darah ini bertujuan untuk menjaga kondisi kesehatan seluruh siswi MTsN 1 Inovasi Kota Subulussalam agar terhindar dari anemia yang dapat menghambat proses belajar siswi. 

Kepala MTsN 1 Inovasi Kota Subulussalam Kamaruddin SAg MM memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini, Kamarudin menyampaikan "Semoga dengan kegiatan ini seluruh siswa/i kita dapat menerapkan hidup sehat kedepan nya, dan kerjasama dengan UPTD Puskesmas Kecamatan Simpang Kiri dapat terjalin dengan rutin," ujarnya. 

Hal serupa juga disampaikan oleh Wakamad Humas MTsN 1 Inovasi Kota Subulussalam Syuhada SP, dalam arahannya kepada seluruh siswa/i yang mengikuti skrining menyampaikan bahwa penting nya pelaksanaan kegiatan skrining tersebut.

"Kegiatan skrining ini bertujuan untuk memeriksa kondisi siswa-siswi seluruh nya, sehingga kedepannya para siswa dan siswi MTsN 1 Inovasi selalu sehat secara jasmani dan rohani dan dapat belajar dengan baik untuk mencetak prestasi gemilang," ujar Syuhada.

Bagikan berita melalui