Lapas Enemawira Laksanakan Upacara Peringati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024

01-10-2024 - Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Enemawira — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI SULAWESI UTARA

Enemawira - Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Oktober 2024, Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Enemawira Kanwil Kemenkumham Sulut melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024 yang bertempat di aula Lapas Enemawira, Selasa (01/10).

Kepala Lapas Enemawira, Anom Luswulandono bertindak sebagai Inspektur Upacara Kepala. Dalam sambutan yang dibacakan, Kalapas menyampaikan pentingnya menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam lingkungan kantor. Di samping itu Kalapas menegaskan bahwa selaku Aparatur Sipil Negara yang cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia, tentunya harus menjaga kewibawaan Bangsa dengan cara bekerja keras dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila sebagai pijakan dalam berbangsa dan bernegara.

Sebagai rangkaian turut dibacakan naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila 2024 dan pembukaan Udang-Undang Dasar 1945. Dengan pembacaan ini sebagai bentuk komitmen untuk menjaga dan mempertahankan Pancasila.

Hari Kesaktian Pancasila adalah hari peringatan kedudukan Pancasila sebagai satu-satunya ideologi, pandangan hidup, dan dasar negara Indonesia yang sempat mendapat tentangan dari kelompok tertentu, salah satunya Partai Komunis Indonesia (PKI).

Selain itu, hari Kesaktian Pancasila juga menjadi peringatan atas gugurnya beberapa anggota Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) dalam usaha mempertahankan Pancasila.

Mengangkat tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas” diharapkan seluruh rakyat Indonesia dapat membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bagikan berita melalui