WUJUDKAN BIROKRASI BERSIH, RUTAN BANGLI IKUTI PENGUATAN UNIT PEMBERANTASAN PUNGLI SECARA VIRTUAL

01-10-2024 - Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bangli — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI BALI

Bangli, INFO_PAS – Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bangli mengikuti kegiatan Penguatan Unit Pemberantasan Pungli dan Sosialisasi Aplikasi SIDULI yang digelar oleh Inspektorat Jenderal (Itjen) melalui Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Kemenkumham RI, Jumat (20/09).

Dihadiri oleh Unit Pengendali Gratifikasi (UPG) Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bangli secara virtual. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan sinergi dalam pemberantasan praktik pungutan liar (pungli) di lingkungan Kemenkumham.
????????
Dibuka dengan paparan dari Inspektur Wilayah II Itjen Kemenkumham RI, Lilik Sujandi, yang juga merupakan Ketua Pokja Intelijen UPP Kemenkumham.
“Pentingnya kolaborasi antar unit dalam mendeteksi dan mencegah praktik pungli, gejala-gejala pungli bisa terlihat dari adanya benturan kepentingan, persekongkolan, diskriminasi, hingga konflik di unit kerja,” ujarnya.
????????
SIDULI merupakan platform pengaduan resmi yang dirancang untuk memfasilitasi monitoring dan tindak lanjut atas laporan pungli. Selain berfungsi sebagai kanal pengaduan, SIDULI juga menjadi alat monitoring kinerja UPP dan basis data yang membantu dalam upaya pencegahan dan penindakan pungli.
????????
Karutan Bangli, Dedi Nugroho, dalam kesempatan terpisah menyampaikan bahwa komitmen pemberantasan pungli ini sangat penting dalam upaya membangun birokrasi yang bersih dan akuntabel di lingkungan Rutan Bangli.
??????
Olehnya itu, Dedi menghimbau kepada Tim UPG Rutan Bangli untuk dapat memperkuat peran sentralnya dalam mengawal dan memberantas pungli di lingkungan Rutan Bangli.

Bagikan berita melalui