GANDENG DAMKAR BANGLI, RUTAN BANGLI GELAR SIMULASI TANGGAP DARURAT DAN KEJADIAN KEBAKARAN

01-10-2024 - Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bangli — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI BALI

Bangli, INFO_PAS – Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bangli bekerja sama dengan Pemadam Kebakaran Kabupaten Bangli menggelar Simulasi Tanggap Darurat dan Penyelamatan Kejadian Kebakaran. Kegiatan ini diikuti pejabat struktural, petugas dapur, dan tamping WBP yang bertugas di dapur guna menyiapkan kesigapan petugas dan Warga Binaan bila terjadi musibah kebakaran di area Rutan, (30/9).

Acara diawali dengan sosialisasi pemahaman awal tentang penanganan kebakaran. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai potensi bahaya kebakaran serta langkah-langkah pencegahan yang dapat dilakukan dan kesigapan dalam menghadapi situasi darurat serta memperkenalkan metode-metode dasar penanggulangan kebakaran.
??????
Setelah sesi sosialisasi, kegiatan dilanjutkan dengan simulasi langsung penanganan kebakaran. Dua metode utama yang diperkenalkan adalah pemadaman tradisional menggunakan karung basah dan penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Dalam simulasi ini, para peserta diberi kesempatan untuk secara langsung mempraktikkan cara memadamkan api dengan kedua metode tersebut.
???????
Sementara itu Kepala Pemadam Kebakaran (Damkar) Bangli menjelaskan bahwa kolaborasi ini adalah bagian dari upaya Damkar untuk mendukung instansi pemerintah dalam meningkatkan keselamatan di lingkungan fasilitas umum.?
“Kami siap memberikan pelatihan dan bantuan teknis kapanpun dibutuhkan untuk memastikan bahwa potensi bahaya kebakaran dapat diminimalisir,” tambahnya.
??????
Kepala Rutan Bangli, Dedi Nugroho menyampaikan bahwa kegiatan ini penting untuk memastikan semua pihak mengetahui langkah-langkah penanggulangan ketika bencana terjadi.
“Simulasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh petugas dan warga binaan tentang pentingnya prosedur evakuasi yang benar serta cara menghadapi situasi darurat kebakaran,” ujarnya.

Bagikan berita melalui