Upacara Khidmat Hari Kesaktian Pancasila di Rutan Kotabumi: Gaungkan Semangat Bhinneka Tunggal Ika Menuju Indonesia Emas

01-10-2024 - Rumah Tahanan Kelas IIB Kotabumi — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM LAMPUNG

Kotabumi, 01/10/2024, - Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Oktober, Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kotabumi menggelar upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan tema "Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas". Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kepala Rutan Kelas IIB Kotabumi, Budi Setyo Prabowo, A.Md.I.P., S.Pd., M.Hum., Perwira Upacara, Jayeng Supriyanto, S.E., dan Komandan Upacara, Tri Ghaly Ramadhitya, S.Tr.Pas., dan diikuti jajaran pejabat struktural dan pegawai serta warga binaan Rutan Kelas IIB Kotabumi yang bertempat di Lapangan Upacara Rutan Kelas IIB Kotabumi. 

Dalam upacara tersebut, dilaksanakan pembacaan UUD 1945, pembacaan Pancasila, dan diwarnai dengan pembacaan Naskah Ikrar Kesaktian Pancasila sebagai bentuk komitmen untuk menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagai ideologi Bangsa Indonesia, serta sebagai motivasi bagi masyarakat khususnya Warga Binaan Rutan Kotabumi untuk terus mengimplementasikan nilai Pancasila.

Karutan Kotabumi dalam amanatnya menyampaikan untuk mengingat kembali sejarah singkat hari kesaktian Pancasila dimana kelompok komunis berusaha mengubah ideologi Indonesia dari Pancasila menjadi komunis pada 30 September 1965. Tanggal tersebut merupakan peristiwa penculikan dan terbunuhnya 6 jenderal dan 1 perwira di lubang buaya. Pancasila adalah pondasi sempurna bagi bangsa Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Karutan menutup amanatnya dengan pantun aduhai cantiknya dia si cinderella, bersepatu kaca menggendong boneka, selamat hari kesaktian Pancasila, mari gaungkan bhinneka tunggal Ika. Kegiatan ditutup dengan doa bersama dan foto bersama dengan latar banner hari kesaktian pancasila. Kegiatan telah selesai dan berlangsung dengan khidmat dan kondusif. 

#KumhamPasti

#ditjenpas

#kabarkumhamlampung

#kumhamlampung

#kanwilkemenkumhamlampung

#DodotAdikoeswanto

#rutankotabumi


@kemenkumhamri

@kumhampasti

@ditjenpas

@kumhamlampung

Bagikan berita melalui