Yuk, Intip Kegiatan Warga Binaan Rutan Samarinda Dalam Kegiatan Pembinaan Keagamaan bertajuk Rutan Samarinda Mahir Mengaji

30-09-2024 - Rumah Tahanan Negara Samarinda — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI KALIMANTAN TIMUR

Yuk, Intip Kegiatan Warga Binaan Rutan Samarinda Dalam Kegiatan Pembinaan Keagamaan bertajuk Rutan Samarinda Mahir Mengaji


Rutari_info.


Samarinda- Pembinaan kerohanian baik yang beragama muslim maupun non muslim di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Samarinda, Kanwil Kemenkumham Kalimantan Timur sangatlah beragam, dimulai dari ibadah bersama bagi non muslim, belajar agama, sholat berjamaah, dzikir bersama, pembacaan maulid, setoran hapalan,hingga belajar mengaji. Kali ini Rutan Samarinda membagikan suasana saat warga binaan pemasyarakatan melaksanakan belajar mengaji yang sudah menjadi program utama Rutan Samarinda yakni "Rutan Samarinda Mahir Mengaji". Selasa (24/9/24)


Elang Suryandaru selaku Kasubsi BHP menjelaskan kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk kegiatan pembinaan yang dicanangkan oleh Rutan Kelas IIA Samarinda untuk memberantas buta Al-qur'an  khususnya bagi warga binaan yang beragama islam. 


"Kegiatan belajar baca Al-Qur'an ini kita laksanakan sebagai bentuk layanan bimbingan kerohanian bagi warga binaan. Target kita tidak ada lagi warga binaan yang buta Al-Qur'an selama menjalani masa pidana di Rutan Kelas IIA Samarinda ini," tegas elang


Elang juga menjelaskan, dalam pelaksanaan kegiatan, dirinya dibantu oleh warga binaan yang memang sudah fasih membaca Al-qur'an. Sedangkan untuk kelompok mengaji,  imbuh Wahyudi, masing-masing warga binaan dibagi ke dalam sejumlah kelompok, mulai dari kelompok Iqra, hingga kelompok Al-qur'an.


"Disini kita memberdayakan warga binaan yang sudah fasih dan paham dalam Ilmu Qur'an untuk membantu mengajar mengaji. Dimana setiap hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis dan Sabtu kita lakukan pembinaan secara bergantian, Pesertanya kita bagi berdasarkan tingkat kemampuan, ada yang kelompok iqra, itu yang memang benar-benar belum bisa  membaca huruf hijaiyah sedangkan untuk yang belum lancar ada juga yang kita tempatkan di kelompok Al-qur'an," ungkap Elang. 


Sementara itu Kepala Rutan Samarinda, Heru Yuswanto menekankan untuk selalu memperhatikan kenyamanan WBP Rutan Samarinda agar dapat khusyu beribadah. 


"Selain memfasilitasi mengaji, kami juga menyediakan buku bacaan untuk belajar mengaji dan memberikan pemahaman dalam membaca. Apalagi dapat membaca Al-Quran merupakan salah satu syarat pengurusan Pembebasan Bersyarat, Cuti Bersyarat, dan remisi yang mana kita dapat memantau keaktifan warga binaan melalui buku pembinaan yang sudah kita bagikan ", tutur Heru.


"Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para WBP untuk meningkatkan spiritualitas dan mengembangkan kepribadian yang lebih baik selama masa tahanan mereka. Agar ketika kembali ke masyarakat mereka tetap cinta dan dengan dengan Al-Qur'an" Tutur Heru. 


Diharapkan dengan adanya kegiatan Rutan Samarinda Mahir Mengaji ini menjadi langkah yang sangat positif dalam upaya pembinaan dan pembentukan karakter warga binaan sesuai arahan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur Gun Gun Gunawan dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Endang Lintang Hardiman.


#kumhampasti

#kemenkumhamri

#rutansamarinda

#rutariprofesional

@divpas_kaltim

@ditjenpas

@kumhamkaltimtoday

@kemenkumhamkaltim




Bagikan berita melalui