Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Kalapas Tanjung Ingatkan Pesan Ini Kepada Warga Binaan

27-09-2024 - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tanjung — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI KALIMANTAN SELATAN

Tanjung, INFO_PAS - Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjung Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan mengadakan acara Maulid Nabi Muhammad SAW yang diikuti oleh seluruh warga binaan muslim bersama pegawai Lapas Tanjung. Acara ini berlangsung di Masjid At-Tawwabin Lapas Tanjung dengan menghadirkan ulama, Ust. Ahmad Masrani sebagai penceramah, Jum’at(27/09). 

 

Acara diawali dengan lantunan shalawat nabi oleh grup habsyi dari warga binaan Lapas Tanjung dan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an. Suasana penuh khidmat mewarnai acara peringatan Maulid Nabi ini, di mana seluruh peserta turut serta dalam setiap rangkaian kegiatan.



Peringatan Maulid Nabi ini dihadiri secara langsung oleh Kepala Lapas Tanjung Hakim Sanjaya. Dalam sambutan yang disampaikannya, Hakim berpesan kepada warga binaan agar memanfaatkan ilmu-ilmu yang disampaikan oleh Ustadz dapat dijadikan sebagai bekal dalam memperbaiki diri. 

 

"Jadikan hari-hari anda di Lapas ini menjadi waktu yang berharga dengan banyak belajar, jangan buang kesempatan yang diberikan Allah SWT. kepada saudara. Khususnya di momen maulid nabi ini saudara harus bisa mangambil suri teladan dari akhlak nabi Muhammad SAW, mengamalkan ajarannya dan sunnah-sunnahnya", pesan Hakim.

 

Pada puncak acara, Ust. Ahmad Masrani dalam tausiyahnya kembali mengingatkan para jamaah akan pentingnya meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW. dalam menjalani kehidupan sehari-hari. "Nabi Muhammad SAW adalah contoh terbaik dalam membentuk diri menjadi pribadi yang berakhlak mulia", ujar Ahmad Masrani dalam tausiyahnya.

 

Peringatan Maulid Nabi ini merupakan bagian dari program pembinaan kerohanian yang secara rutin dilakukan di Lapas. Kegiatan ini bertujuan tidak hanya untuk memperingati hari-hari besar Islam, tetapi juga untuk membentuk mental dan karakter yang lebih baik di kalangan warga binaan.

 

Melalui peringatan Maulid Nabi ini, diharapkan seluruh warga binaan dapat semakin memahami dan mengamalkan ajaran Rasulullah SAW dalam kehidupan mereka, baik selama di Lapas maupun setelah selesai masa binaannya kelak.

 

@kemenkumhamri

@kemenkumhamkalsel

#KanwilKemenkumhamKalsel

#KumhamKalsel

#Jumadi

Kanwil Kemenkumham Kalsel

Kumham Kalsel

Jumadi


Bagikan berita melalui