Penyuluh Agama Islam Aceh Barat Diberi Penguatan Digital

20-09-2024 - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat — Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh
<meta charset="utf-8" />

Penyuluh Agama Islam di Kabupaten Aceh Barat menerima penguatan kapasitas digitalisasi guna mendukung efektivitas dakwah dan penyebaran informasi keagamaan. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat tersebut berlangsung di aula Kankemenag setempat, Kamis 19 September 2024.


Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, H Abrar Zym SAg MH menyampaikan, penyuluh agama Islam harus memiliki kemampuan dalam memanfaatkan teknologi digital di era modern agar jangkauan dakwah yang disampaikan lebih luas dan lebih mudah diterima masyarakat, terutama generasi muda.


Abrar Zym mengatakan, penyuluh agama Islam merupakan pembimbing umat, baik secara mental, moral, maupun ketakwaan kepada Allah SWT. “Disamping menyampaikan pesan agama, juga menyampaikan pesan-pesan pemerintah,” jelasnya.


Ia mengingatkan, dalam bertugas, penyuluh agama Islam berfungsi sebagai edukatif, informatif, konsultatif, dan advokatif. Dalam fungsi informatif, seorang penyuluh harus menggunakan dengan bahasa santun dan mengedepankan amar ma'ruf. 


"Jika masih bisa dengan kelembutan, tak perlu meninggikan suara atau bersikap keras. Apabila kebaikan dapat diraih dengan amar ma'ruf, maka tak perlu mengedepankan nahi munkar dalam berdakwah,” pesannya.


Sementara itu, Kepala Seksi Bimas Islam, Drs H Tharmizi menyebutkan, kegiatan tersebut diikuti oleh penyuluh agama Islam ASN dan Non ASN di lingkungan Kankemenag Aceh Barat,


“Kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi penyuluh dalam memanfaatkan digitalisasi,” pungkasnya.[]


Bagikan berita melalui