UPAYA MITIGASI RISIKO KEBAKARAN DI AREA DAPUR, LAPAS KARANGASEM BERIKAN PELATIHAN PENANGANAN BENCANA KEBAKARAN KEPADA PETUGAS DAPUR !!

20-09-2024 - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Karangasem — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI BALI

AMLAPURA, INFO PAS – Dalam rangka meningkatkan upaya mitigasi risiko kondisi kedaruratan kebakaran di area dapur, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Karangasem melaksanakan kegiatan pelatihan mitigasi bencana kebakaran untuk petugas dapur yang terdiri pegawai pengelola dan tamping dapur, pada Jumat (20/09/2024).

Kegiatan pelatihan mitigasi risiko bencana kebakaran untuk petugas dapur dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti Peraturan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia Nomor: PER.02/MEN/1983 tentang Instalasi Alarm Kebakaran Automatik sebagai Upaya Mitigasi Risiko Kondisi Darurat Kebakaran di Area Dapur Satuan Kerja Pemasyarakatan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, ketangkasan dan kompetensi seluruh petugas dapur Lapas Karangasem. Mengingat dapur sebagai tempat yang sangat berisiko mengalami bencana kebakaran.

Kegiatan pelatihan mitigasi bencana kebakaran menggandeng Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Karangasem. Berlangsung di Lapangan Apel Lapas Karangasem, kegiatan dibuka dengan sambutan Kepala Seksi Binadik & Giatja, I Ketut Kawidana yang sekaligus mewakili Kepala Lapas Kelas IIB Karangasem, Renharet Ginting. Dalam kesempatannya, Kasi Binadik & Giatja menyampaikan tujuan kegiatan yakni untuk melatih pemahaman, ketangkasan dan kompetensi seluruh petugas dapur dalam memitigasi risiko bencana kebakaran.

“rekan-rekan sekalian, perlu diketahui bersama bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang memiliki multi manfaat, bisa melatih ketangkasan mitigasi bencana kebakaran, membina fisik dan mental yang kuat, serta memperkaya pemahaman mitigasi bencana kebakaran. Jadi ikutilah dengan sungguh-sungguh !!” Tegas I Ketut Kawidana.

Selanjutnya, dilaksanakan penjelasan dan pemaparan materi oleh Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Karangasem tentang prosedur pemadaman kebakaran yang benar dan aman, mengenal Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Kemudian dilanjutkan dengan praktek lapangan cara memadamkan api dengan metode tradisional dan APAR. Seluruh petugas dapur lapas karangasem berpartisipasi dengan aktif dalam melatih pemadaman api sesuai prosedur yang aman.

Sebagai penutup, kegiatan dilanjutkan dengan berkeliling dapur Lapas Karangasem untuk memastikan instalasi kompor dan listrik telah memenuhi standar keamanan. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman teori dan praktek serta masukan terkait mitigasi risiko bencana kebakaran di Lapas Karangasem.
#KemenkumhamPASTI
#LapaskaSHANTIJAYA
#WBKITUPASTI

Bagikan berita melalui