Tehnical Meeting Lomba Berbasis Tradisi Dan Budaya Masyarakat Bali

05-09-2024 - Kecamatan Buleleng — Pemerintah Kab. Buleleng

Bertempat di Aula Ruang Rapat Kantor Camat Buleleng, melalui Seksi Sosial dan Budaya Kecamatan Buleleng mengikuti tehnical meeting dalam rangka lomba berbasis tradisi dan budaya masyarakat Bali, Kamis,(5/9).

Tehnical meeting dipimpin oleh Staf Fungsional Umum Ngakan Ketut Alit bersama para pembina dan pendamping dari Penyuluh Bahasa Bali. Pada kegiatan ini, ada 4 lomba yang wajib diikuti antara lain: lomba Cecimpedan, Membuat Wayang, Baligrafi dan Prasi. Dalam Tehnical Meeting ini, ada beberapa ketentuan yang sudah disepakati yaitu: Lomba Cecimpedan. Cecimpedan harus berbau tradisional, tidak boleh memakai cecimpedan yang mengacu pada jawaban yang berbau modern. Misalnya : apake capung makeber ngabe anak liu ? Jawabannya :Helikopter. Cecimpedan harus mengacu pada satu jawaban yang spesifik, apabila soal memungkinkan lebih dari satu jawaban dan dijawab dengan benar oleh lawan maka yang memenangkan adalah tim lawan.

Kegiatan lomba dirancang dengan sistem setengah kompetisi, yang dibagi menjadi 3 babak yaitu babak penyisihan grup, semi final, final. untuk penyisihan grup ditentukan dengan pengambilan undian pada saat perlombaan, pemenang masing-masing grup akan diundi kembali untuk babak semi final. grup yang kalah dilombakan kembali untuk merebutkan juara 3. Pemenang babak semifinal akan masuk babak final, untuk merebutkan juara 1 dan 2. Pada babak final masing-masing grup memiliki kesempatan untuk menyampaikan 5 pertanyaan dan diulang sebanyak 2 kali, masing-masing grup diberikan kesempatan menjawab selama 60 detik. Pada babak semifinal dan final, apabila skor seimbang maka juri akan memberikan pertanyaan tambahan untuk dijawab hanya 30 detik. lomba Membuat wayang. Sinopsis dibuat secara singkat, padat dan jelas dan dilampirkan pada lembar hasil gambar. Media lomba adalah kertas A3, Cat air, kuas dipersiapkan oleh panitia. Meja, Penggaris, pensil, penghapus, dan (prada jika diperlukan) dibawa oleh peserta. Sarana yang dipergunakan berupa : Pahat, Pengotok, Kertas Solex, Tangkai Wayang, Benang Nilon dan Pewarna (cat air) 5 jenis. Sedangkan yang disiapkan oleh Panitia antara lain: Alas memahat (Talenan), Pensil, Penggaris dan kuas dibawa oleh peserta.Lomba Prasi. Sinopsis disiapkan oleh peserta yang akan dilampirkan di hasil prasi. Perlengkapan lomba berupa alat tulis serta blangko lontar, dulang, pengrupak, kemiri bakar, kapas disiapkan oleh panitia. Prasi yang ditentukan hanya berupa gambar saja, tidak berisi aksara.


Bagikan berita melalui