Penandatanganan MOU dan Monitoring Evaluasi di Pengadilan Agama Pacitan

03-09-2024 - Pengadilan Agama Pacitan — PENGADILAN TINGGI AGAMA SURABAYA

Penandatanganan MOU dan Monitoring Evaluasi di Pengadilan Agama Pacitan

Pacitan, 3 September 2024 – Pengadilan Agama Pacitan mengadakan acara penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan pada hari Selasa, 3 September 2024, pukul 10.00 WIB. Kegiatan ini bertujuan memperkuat kerjasama antara Pengadilan Agama Pacitan dan berbagai instansi pemerintah, khususnya Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan, serta melakukan monitoring dan evaluasi MOU dengan Dispendukcapil, BP2KB, dan BKSDM.

WhatsApp Image 2024-09-03 at 16.33.22.jpeg

Acara berlangsung di kantor Pengadilan Agama Pacitan dan dihadiri oleh Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Pacitan, Bapak Ketua Pengadilan Agama Pacitan, Bapak Wakil Ketua dan para Hakim Pengadilan Agama Pacitan, serta Bapak Kabag Pemerintahan dan Kabag Hukum Kabupaten Pacitan Selain itu, turut hadir seluruh Kepala Dinas dan Kasubag Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan yang terkait Kerjasama dengan Pengadilan Agama Pacitan, Bapak Panitera dan Sekretaris, serta para pejabat struktural dan fungsional Pengadilan Agama Pacitan.

DSC04224.JPG

WhatsApp Image 2024-09-03 at 12.24.52.jpeg Dalam sambutannya, Bapak Ketua Pengadilan Agama Pacitan menyampaikan selamat datang kepada semua tamu dan pentingnya kerjasama ini dalam menguatkan peran masing masing dari sisi eksekutif dan yudikatif untuk bekerjasama dalam rangka memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kabupaten Pacitan. Beliau juga menyampaikan setelah ada MOU antara dinas terkait ada hasil yang sangat baik yaitu adanya penurunan statistik perkara yang signifikan terutama dalam perkara dispensasi kawin. Di harapkan kerjasama kali ini bisa di terjemahkan dalam program kerja yang nantinya bisa di laksanakan di lapangan dan Pengadilan Agama siap bersinegi dalam rangka memberikan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Pacitan”.

DSC04218.JPG

Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Pacitan juga memberikan sambutan, “atas nama Pemerintah Kabupaten Pacitan sangat mengapresiasi kerjasama dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas terlaksananya MOU antara Pengadilan Agama Pacitan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan. Di harapkan dengan adanya MOU ini semakin meningkatkan kinerja yang lebih optimal dalam menangani perkara-pekara di Pengadilan Agama Pacitan. Beliau juga berharap MOU dengan dinas terkait yang sudah berjalan bisa dilakukan evaluasi mana-mana yang harus diperbaikidan tentunya harus di tingkatkan agar kerjasama yang sudah di tandatangani bersama biasa berjalan dengan optimal yang nantinya bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Pacitan”.

DSC04255.jpg

Sesi selanjutnya adalah penyampaian evaluasi MOU yang disampaikan oleh Bapak Wakil Ketua Pengadilan Agama Pacitan. Beliau menyampaikan sebagai mana yang di sampaikan Bapak Ketua Pengadilan Agama Pacitan dan juga Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Pacitan, beberapa MOU dengan dinas terkait sudah berjalan selama hampir 2 tahun dan untuk MOU yang terbaru kali ini dengan Dinas Kesehatan. Dampak yang di peroleh sangat signifikan, adanya angka penurunan terkait dengan pernikahan dini kemudian pertukaran informasi dengan Dispendukcapil terkait dengan perubahan status dalam kependudukan sudah berjalan dan nantinya dari Dinas Kesehatan kami akan arahkan sebagai jalan untuk memangkas  alur layanan, diharapkan kedepanya jalur birokrasi biasa lebih sederhana untuk mempermudah layanan dengan sistem berbasis elektronik”.

DSC04263.JPG

Acara ini diakhiri dengan sesi ramah tamah dan foto bersama, diharapkan dengan adanay kegiatan ini dapat memberikan wawasan dan solusi untuk pelaksanaan MOU yang lebih baik ke depannya. Penandatanganan MOU dan monitoring evaluasi ini merupakan langkah penting dalam memperkuat koordinasi dan meningkatkan pelayanan terbaik di Kabupaten Pacitan. HMF

DSC04284.JPG


Bagikan berita melalui