Deteksi Dini Penyakit Menular, Lapas Lubuk Pakam Lakukan Skrining pada WBPnya

26-07-2024 - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Lubuk Pakam — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI SUMATERA UTARA

Deteksi Dini Penyakit Menular, Lapas Lubuk Pakam Lakukan Skrining pada WBPnya

 

Lubuk Pakam, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Lubuk Pakam Kemenkumham Kantor Wilayah Sumatera Utara lakukan Skrining penyakit menular bagi WBPnya pada Rabu, 24 Juli 2024.

 

Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Lapas Lubuk Pakam ini dihadiri oleh Alanta Imanuel Ketaren ( Kalapas Lubuk Pakam ) yang diwakili oleh Sukadi ( Kasubsi Perawatan ). Dalam keterangannya kepada tim Humas Lapas bahwa kegiatan ini merupakan ekstensi/perpanjangan kegiatan kaderisasi yang telah kita lakukan belum lama ini. Semoga dengan adanya kegiatan ini didapatinya para WBP yang sehat dan tentunya jika sudah terkena sebelum berada di Lapas Lubuk Pakam tentu akan kita sembuhkan dengan program TOSS TB yang telah kita selenggarakan dengan Dinas Kesehatan Deli Serdang dan UPT ( Unit Pelaksana Teksnis ) terkait pencegahan dan penanggulangan penyakit menular. Saya berharap para WBP kita tetap sehat dan terus sehat pada sebelum, saat dan sesudah masa pidana ( kembali ke Masyarakat ). Ungkap Sukadi.

 

Hal yang sama juga disampaikan oleh Agustina dan Heny ( selaku Perawat Lapas Lubuk Pakam dan Penanggung Jawab Pencegahan dan Penanggulangan TB dan HIV/AIDS di Lapas Lubuk Pakam ). Dalam keterangannya kepada Tim Humas, Agustina menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan pengambilan sampel dahak yang dimiliki oleh WBP sejumlah 1332 WBP. Tentu saja kita akan melihat hasilnya secara akurat melalui pemeriksaan TCM ( Tes Cepat Molekular). Semoga dengan adanya pemeriksaan ini kita dapat melakukan pencegahan dan penanggulangan yang baik. Selalu ingat untuk melakukan pola hidup bersih dan sehat, karena hal tersebut merupakan pencegahan terhadap timbulnya penyakit. Hidup bersih hidup sehat. Tutup Agustina sambil tersenyum.

 

 


Bagikan berita melalui