Kalapas Tahuna Jadi Narasumber Pada Rapat Evaluasi Pemilihan Serentak Tahun 2024

22-07-2024 - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tahuna — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI SULAWESI UTARA

Tahuna, INFO_PAS - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tahuna, Suharno memenuhi undangan Rapat Evaluasi Pendataan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) pada Pemilihan Serentak Tahun 2024 sekaligus menjadi Narasumber dalam kegiatan tersebut. Senin (22/07).

Dengan mengangkat tema "Narapidana Bebas Memilih Pemimpinnya", Kepala Lapas Kelas IIB Tahuna, Suharno menuturkan setiap Warga Negara berhak untuk memilih dalam Pemilihan Umum dan hal tersebut merupakan hak yang dijamin oleh konstitusi. "Termasuk para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Tahuna juga memiliki hak pilih yang sama guna menentukan pemimpin rakyat kedepan," ujarnya.

Terkait pelaksanaan pemungutan suara bagi Warga Binaan akan dilaksanakan di TPS khusus Lapas Tahuna. "Media dapat meliput pelaksanaan Pemungutan Suara tersebut, karena hal ini merupakan bentuk transparansi Lapas Tahuna kepada masyarakat dalam memastikan Warga Binaan menggunakan hak pilihnya dan memilih sesuai dengan hati nuraninya," ucap Suharno.

Sementara itu, Anggota KPU Kabupaten Kepulauan Sangihe Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Ihsan Farudin menyampaikan dalam pelaksanaan Pemilihan Umum khususnya di Kabupaten Kepulauan Sangihe diperlukan langkah strategis melalui sinergi antar pemerintah dengan penyelenggara dan peserta pemilu, Sehingga penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 bisa berjalan aman dan lancar.

Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan Pencocokan Data oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Sangihe dengan data Warga Binaan yang ada di Lapas Tahuna yang nantinya akan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) di lokasi TPS khusus Lapas Tahuna.

Bagikan berita melalui