Upaya Peningkatan Pembinaan, Rutan SoE Perkenalkan Pendeta Tetap

22-07-2024 - RUTAN SOE — KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM NUSA TENGGARA TIMUR

SoE, INFO_PAS - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB SoE, mengambil langkah inovatif dalam upaya pembinaan mental dan spiritual para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Mulai bulan Juli 2024, Seorang Pendeta akan ditugaskan secara tetap melayani di Rutan SoE. Hal tersebut disampaikan Kepala Rutan (Karutan) SoE, Nixon G. L. Osingmahi saat perkenalan Pdt. Esma Martha Nappoe di Gereja Musafir Rutan SoE, Senin (22/7).

Menindaklanjuti kerja sama Rutan SoE dengan Badan Diakonia Gereja Masehi Injili di Timor, hari ini Ibu Pdt. Esma hadir di disini sebagai Pendeta tetap yang akan melayani di Rutan SoE terhitung tanggal 21 Juli 2024 hingga Agustus 2025. Pdt. Esma telah diperhadapkan pada hari Minggu, 21 Juli 2024 di Gereja Usi Apakaet Oetimu untuk menjadi Pendeta tetap di Rutan SoE” ujar Nixon.

Lanjut Karutan menjelaskan Kehadiran pendeta tetap ini merupakan bagian dari program pembinaan kepribadian yang dilaksanakan, Ia juga berharap bimbingan spiritual yang intensif dapat membantu proses rehabilitasi dan perubahan perilaku para warga binaan.

“Harapannya Semoga lewat program-program yang telah direncanakan dapat menunjang pelayanan Kerohanian di Rutan SoE,” harap Nixon.

Sementara itu, Pendeta yang ditugaskan, Pdt. Esma Martha Nappoe, menyatakan kesiapannya untuk melayani di lingkungan Rutan SoE. Ia juga menjelaskan berkaitan dengan rencana kegiatan pembinaan kerohanian bagi Warga Binaan yang beragama Kristen diantaranya Kebaktian utama Minggu maupun pembinaan kerohanian berupa pelayanan konseling dan penguatan psikospiritual kepada Warga Binaan.

 "Terima kasih atas sambutannya bagi Saya, Saya akan berusaha memberikan bimbingan rohani dan konseling bagi para Warga Binaan sesuai dengan program pembinaan yang ada," ujarnya.

Program ini juga mendapat sambutan positif dari para Warga Binaan. Salah seorang warga binaan, LL, mengungkapkan rasa syukur, "Kami senang ada pendeta yang akan membantu kami dalam proses pembinaan mental. Ini memberi kami harapan untuk menjadi pribadi yang lebih baik,"


Bagikan berita melalui