Masyarakat Cerdas Bersama KIE Tokoh Masyarakat

22-07-2024 - Balai Besar POM di Yogyakarta — Unit Pelaksana Teknis [lev I]

– Sabtu (20/7/2024) kembali terselenggara kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) bersama tokoh masyarakat Sukamto anggota DPR-RI Komisi IX. Bertempat Balai Kalurahan Ngoro-Oro, Patuk, Gunungkidul dengan mengundang 250 Pamong serta masyarakat Kalurahan Ngoro-Oro, Salam, Nglanggeran, Prambanan, Bunder, Terbah, Beji, Senoyo, lintas sektor serta pelaku usaha. Lurah Ngoro-Oro, Sukasto, menyampaikan apresiasi telah memfasilitasi dan menginisiasi KIE Keamanan Obat dan Makanan. Kegiatan ini penting bagi seluruh masyarakat Kalurahan Ngoro-Oro mengingat dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari perlu menerapkan praktek keamanan Obat dan Makanan sehingga tetap sehat.

Paparan materi pengawasan keamanan Obat dan Makanan disampaikan Pengawas Farmasi Makanan Ahli Madya, BBPOM di Yogyakarta, Diah Tjahjonowati. Peserta diminta menjadi konsumen cerdas dalam memilih Obat dan Makanan dengan selalu ingat Cek KLIK yaitu cek Kemasan, Label, Izin Edar dan Kedaluwarsa. Disampaikan juga keterkaitan antara implementasi keamanan pangan dengan stunting. Konsumsi pangan aman bebas dari cemaran fisik, kimia dan mikrobiologi serta gizi seimbang akan mampu mencegah terjadinya bayi lahir stunting.

Sukamto menambahkan edukasi pentingnya memilih Obat dan Makanan aman agar tubuh tetap terjaga kesehatannya. Masyarakat yang harus tahu mana yang baik dan aman dikonsumsi. Masyarakat juga diminta menjadi konsumen yang cerdas, menerapkan pola hidup sehat.

KIE bersama tokoh masyarakat bertujuan memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan pengetahuannya terkait risiko mengkonsumsi Obat dan Makanan yang tidak memenuhi persyaratan keamanan, manfaat, mutu.  Melalui peran tokoh masyarakat diharapkan turut mendukung peningkatan efektivitas kegiatan KIE di kalangan masyarakat.

 

 BBPOM di Yogyakarta


Bagikan berita melalui