Hari Ke 2 Pelatihan Keamanan dan Keselamatan (Mitigasi Bencana) di Desa Wisata Les.

21-07-2024 - Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng — Pemerintah Kab. Buleleng

Di Tahun 2024 ini sektor pariwisata Kabupaten Buleleng mendapatkan angin segar dengan terpilihnya Desa Les, Kecamatan Tejakula masuk 50 besar oleh Kemenparekraf untuk penilaian dalam rangka Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2024 ini. Sesuai dengan tahapan penilaian, setelah masuk 50 besar nantinya akan dilakukan penilaian dari dewan juri serta visitasi langsung dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Terkait hal tersebut Dinas Pariwisata berkolaborasi dengan Perangkat Daerah dan Instansi terkait lainnya untuk menyiapkan kemantapan 5 kategori yang akan menjadi acuan dalam penilaian oleh tim penilai dari Kemenparekraf. Salah satu dari 5 kategori tersebut adalah kategori Resiliensi.

Dalam kategori resiliensi terdapat poin kesiapan masyarakat dalam menghadapi, menangani, dan mengelola ancaman bencana yang mungkin akan terjadi sesuai potensi bencana yang ada di Desa Les.

Hai Kamis 11 Juli sampai dengan Jumat 12 Juli 2024 dilaksanakan Platihan Keamanan dan Keselamatan (Mitigasi Bencana) di Desa Wisata Les. Tujuan kegiatan ini yaitu untuk membangun kesiapsiagaan dan meningkatkan keterampilan masyarakat bilamana terjadi sebuah bencana di Desa Les. Kegiatan ini berkolaborasi dengan BMKG Regional Bali, Basarnas (Koordinator Pos SAR Buleleng), BPBP Kabupaten Buleleng serta PMI Buleleng.

Desa Les seperti desa lainnya di Kabupaten Buleleng mempunyai topografi nyegara gunung serta daya tarik wisata berupa Air Terjun Yeh Mampeh yang eksotik, terumbu karang yang indah dan usaha garam rakyat di pinggiran pantainya. Sebagai Desa Wisata, keamanan dan kenyamanan wisatawan dalam berwisata menjadi faktor penting yang mesti diwujudkan serta dijaga keberlanjutannya. Termasuk keamanan dan kenyamanan wisatawan dari potensi bencana alam yang mungkin akan muncul sewaktu waktu.

Masuknya Desa Les dalam 50 besar ADWI tahun ini adalah potensi besar untuk mengangkat nama Desa Les di sektor pariwisata kedepannya. Semoga semangat masyarakat Desa Les, tokoh-tokoh masyarakat, Kepala Desa beserta perangkat Desanya mengantarkan Desa Wisata Les sebagai yang terbaik.


Bagikan berita melalui