Pelatihan Keamanan dan Keselamatan (Mitigasi Bencana) di Desa Wisata Les

21-07-2024 - Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng — Pemerintah Kab. Buleleng

Pelatihan Keamanan dan Keselamatan (Mitigasi Bencana) di Desa Wisata Les. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat serta aparatur Pemerintah khususnya Pemerintah Desa Les dalam menghadapi berbagai bencana mengingat Kabupaten Buleleng terdapat banyak potensi bencana yang mungkin terjadi. 

Pelatihan ini merupakan kerjasama antara Dinas Pariwisata dan BPBD Kabupaten Buleleng. Adapun peserta pelatihan berasal dari berbagai unsur seperti perangkat desa, Desa Adat, Kelompok Nelayan, Pengelola Desa Wisata, Pokdarwis, Karang Taruna hingga pengelola homestay. Narasumber yang disiapkan juga merupakan narasumber yang khusus menanganai kebencanaan seperti BPBD Kabuapten Buleleng, Pos SAR Buleleng serta PMI Buleleng. Pelatihan ini akan dilaksanakan selama 2 hari dengan dengan materi hari pertama seperti identifikasi terkait potensi bencana hingga teknik pertolongan/evakuasi mandiri. Pada hari kedua akan dilaksanakan penyusunan Peta Resiko Bencana di Desa Les yang dipandu oleh BMKG sekaligus melakukan simulasi terkait evakuasi saat terjadi bencana di Desa Les.

Selain membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam mitigasi bencana guna meminimalkan dampak bencana terhadap kehidupan, pelatihan ini juga merupakan persiapan Desa Les untuk mengikuti Penilaian ADWI 2024.


Bagikan berita melalui