Tingkatkan Layanan Kelompok Rentan, Kankemenag Bantul Bahas LaBRUSI

20-07-2024 - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul — Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Bantul (Kankemenag) - Sebagai bentuk komitmen meningkatkan pemenuhan hak kelompok rentan maka Kepala Subbagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul, Aminuddin beserta tim melakukan pembahasan program Layanan Bimbingan Remaja Usia Sekolah Inklusi (LaBRUSI) dengan Kepala Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Bantul, Astuti Hermawati, Senin (15/7). LaBRUSI juga dimaksudkan untuk meningkatkan intensitas kegiatan dalam kerangka  Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang sudah ditandatangani oleh kedua belah pihak pada Tahun 2022 silam.

Sasaran LaBRUSI adalah peserta didik jenjang SLTA dan SLTP di SLBN 2 Bantul. Materi yang diberikan adalah membentuk remaja yang sehat secara kejiwaan dan keterampilan mengelola diri  sehingga dapat mengenal tantangan, meniti harapan, serta mengaplikasikan konsep dirinya dalam ajaran Islam. Materi dan teknis pelaksanaan akan diperdalam oleh Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia (IPARI) Kabupaten Bantul dan tim pengajaran SLBN 2 Bantul.

Astuti Hermawati mengungkapkan bahwa kerja sama pembinaan keagamaan yang dilaksanakan selama ini telah mampu meningkatkan perilaku baik peserta didik. Sehingga pihaknya sangat berharap program LaBRUSI ini akan semakin mengikis perilaku negatif peserta didik, terutama dalam hal pergaulan remaja. Kehadiran pembimbing agama ke sekolah sangat penting mengingat peserta didik mempunyai akses yang terbatas untuk memperoleh pendidikan serupa di masyarakat.

Hadir pada pembahasan ini Kepala Subbagian Tata Usaha, Aminuddin, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, Sugito, Ketua IPARI, Nur Abadi, Sekretaris IPARI, Latifah, tim inovasi Kantor Kemenag Bantul dan Kepala SLBN 2 Bantul beserta jajaran. (Ism)

Bagikan berita melalui