Integrasi Layanan Primer Desa Gebang UPTD Puskesmas Gabus II Pati

19-07-2024 - Puskesmas Gabus II — Dinas Kesehatan

Jumat, 19 Juli 2024 dilaksanakan kegiatan Posyandu Sahabat Masyarakat (PSM) di Desa Gebang Kec. Gabus Kab. Pati. Posyandu sahabat masyarakat merupakan bentuk penerapan integrasi layanan primer kesehatan. Integrasi layanan primer kesehatan ini merupakan tindak lanjut dari Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : HK. 01. 07 / Menkes / 2015 / 2023 tentang Petunjuk Teknis Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer.

Pelayanan kesehatan primer merupakan salah satu pilar transformasi kesehatan yang difokuskan pada pemenuhan kebutuhan kesehatan berdasarkan siklus hidup yang mudah diakses dan terjangkau sampai pada tingkat masyarakat, keluarga dan individu. Adapun sasaran pelaksanaan ILP ini adalah balita, usia dewasa dan lansia.

Kegiatan ILP di desa Gebang meliputi pendaftaran, pengukuran tinggi badan dan berat badan, pencatatan hasil penimbangan, pelayanan imunisasi, skrining usia produktif dan lansia serta konseling.

Warga Gebang sangat antusias dengan kegiatan posyandu sahabat masyarakat ini, terbukti sebanyak 63 pasien telah terlayani dalam kegiatan posyandu ini.


Bagikan berita melalui