166.487 Penduduk di Kota Pangkalpinang Mengantongi KTP, Capaian Kepemilikan Hampir 100 Persen

27-05-2024 - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil — Pemerintah Kota Pangkal Pinang

BANGKAPOS.COM, BANGKA — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pangkalpinang mencatat hingga kini sudab 166.776 penduduk di Kota Pangkalpinangmengantongi KTP-Elektronik.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pangkalpinang Darwin menyebutkan, jumlah tersebut sudah tercapai 99,23 persen dari target yang telah ditetapkan yakni target kepemilikan KTP-el sebanyak 167.776 penduduk.

“Masih ada waktu untuk mengejar kepemilikan KTP yang lebih banyak lagi hingga akhir tahun nanti. Kita tetap optimis akhir tahun tercapai target tersebut, bahkan hingga melebihi target tersebut,” jelas Darwin kepada Bangkapos.com, Kamis (23/5/2024).

Kata Darwin, capaian yang hampir memenuhi target ini tak terlepas dari pihaknya yang gencar mengejar kepemilikan KTP-el di Kota Pangkalpinang sebanyak-banyaknya.

“Kita turun juga ke sekolah-sekolah untuk mengejar kepemilikan KTP-el untuk anak-anak yang sudah 17 tahun ditingkat SMA dan SMK,” jelasnya.

Tak hanya itu, kata Darwin pihaknya juga mengejar perekaman KTP-el untuk masyarakat yang rentan adminduk seperti disabilitas, ODGJ, panti asuhan hingga warga binaan di Lapas.

Kemudian, untuk jumlah pencetakan KTP-el di Disdukcapil Kota Pangkalpinang sebanyak 213.272.

“Untuk pencetakan ini ada juga yang dari luar Pangkalpinang cetanya dikita, atau perekaman juga bisa di kita, misalnya dia asli orang Jakarta tapi ibu dan bapaknya bekerja di sini jadi perekaman tidak masalah di Disdukcapil Pangkalpinang,” jelasnya.

Sebelumnya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pangkalpinang mencatat hingga akhir tahun 2023 kemarin total jumlah penduduk di Kota Pangkalpinang sebanyak 236.267 jiwa.

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Bagikan berita melalui